Flora dan Fauna

Masih Satu Keluarga, Ini Perbedaan Pesut dan Lumba-lumba

Penjelasan Peneliti LIPI Peneliti LIPI bidang Zoologi Yuli Fitriana menjelaskan pesut Mahakam merupakan keluarga lumba-lumba dengan family Delphinidae

istimewa
Ikan Pesut. Penjelasan Peneliti LIPI Peneliti LIPI bidang Zoologi Yuli Fitriana menjelaskan pesut Mahakam merupakan keluarga lumba-lumba dengan family Delphinidae. 

Masih Satu Keluarga, Ini Perbedaan Pesut dan Lumba-lumba

TRIBUNKALTIM.CO - Peristiwa langka terkait perilaku pesut di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, menjadi sorotan hangat warga net di media sosial, khususnya twitter.

Dalam rekaman yang beredar, video tersebut merekam binatang yang menyerupai lumba-lumba berenang secara agresif dan meloncat-loncat di sungai. 

 Momen Langka, Lumba-lumba Terlihat di Sungai, 13 Mil dari Laut Cambridgeshire

 VIDEO - Puluhan Ribu Penyu Tertangkap Kamera Drone, Sedang Bermigrasi ke Australia

Lantas, benarkah pesut Mahakam mulai punah, dan apa bedanya dengan lumba-lumba?

Penjelasan Peneliti LIPI Peneliti LIPI bidang Zoologi Yuli Fitriana menjelaskan pesut Mahakam merupakan keluarga lumba-lumba dengan family Delphinidae.

"Kalau kita nyebut pesut Mahakam berarti subpopulasi yang ada di Indonesia khususnya di Kalimantan," ujarnya pada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Lanjutnya, pesut Mahakam dengan nama latin Orcaella brevirostris tak hanya ada di Indonesia.

Pesut Mahakam juga tersebar di Bangladesh, India, Laos, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Saat ditanya terkait perbedaan pesut Mahakam dengan lumba-lumba, imbuhnya tidak hanya moncong dan lehernya yang fleksibel.

Jadi terlihat agak kusut di bagian belakang kepalanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved