5 Potensi Bahaya di Rumah yang Mungkin Tak Anda Sadari

Rumah harusnya menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa bahaya terbesar bagi kesehatan justru dapat ditemukan d

Editor: Geafry Necolsen
net
Rumah harusnya menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa bahaya terbesar bagi kesehatan justru dapat ditemukan di rumah? 

TRIBUNKALTIM.CO - Rumah harusnya menjadi tempat yang nyaman untuk ditinggali. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa bahaya terbesar bagi kesehatan justru dapat ditemukan di rumah?

Salmonella dan E. coli
Kedua bakteri ini dapat mengganggu kesehatan usus dan menyebabkan penyakit diare yang kemudian dapat berujung pada dehidrasi yang mengancam nyawa.

Anda perlu waspada karena kedua bakteri ini sangat mudah dijumpai pada berbagai produk makanan.

Manusia biasanya terjangkit salmonella setelah mengonsumsi atau mengolah makanan yang terkontaminasi seperti daging mentah, telur, buah, dan sayuran.

Sementara itu, E.Coli biasanya dapat menjangkiti manusia saat seseorang mengonsumsi makanan yang tidak dibersihkan dan dimasak dengan benar.

Baca juga: Kenali Tanda Kebocoran Gas Elpiji dan Cara Mengatasinya

Cara menghindarinya
Kebersihan merupakan kunci utama untuk menghindari infeksi kedua bakteri ini. Cucilah tangan Anda sebelum mengolah makanan.

Anda juga dianjurkan untuk menggunakan dua papan potong (talenan) di rumah, satu untuk daging mentah, dan satu lagi untuk buah dan sayur.

Pisahkan juga daging mentah dan seafood dari bahan makanan lain di kulkas. Setelah memasak, bersihkan semua peralatan yang digunakan untuk mengolah daging mentah dengan air hangat dan sabun.

Dan yang terpenting, masaklah semua daging hingga benar-benar matang.

Baca juga: Lupa Menutup Pintu Kulkas Bisa Berakibat Fatal

Karbon monoksida
Gas karbon monoksida tidak memiliki bau, namun dapat berbahaya bagi manusia. Menurut CDC, setiap tahunnya, sekitar 500 jiwa meninggal akibat keracunan gas ini.

Kontaminasi gas ini biasanya terjadi ketika bahan bakar organik dibakar tanpa adanya ventilasi yang memadai.

Beberapa sumber karbon monoksida yang dapat ditemukan di rumah antara lain adalah pada pemanas air tenaga gas, tungku kayu, hasil pembakaran mobil, dan asap tembakau.

Baca juga: Bahaya Minyak Jelantah Dipakai untuk Gorengan

Cara menghindarinya
Untuk mencegah kejadian keracunan gas monoksida di rumah, Anda perlu memantau secara berkala  keadaan setiap alat rumah tangga yang potensial seperti misalnya pemanas air.

Anda dapat memanggil teknisi setiap tahun sekali untuk memeriksa keadaan mesin Anda. Selain itu, Anda juga dapat memasang detector karbon monoksida di rumah.

Timah
Paparan terhadap bahan metal yang beracun dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius mulai dari gangguan perkembangan mental hingga gangguan fungsi saraf.

Walaupun sudah mulai dikurangi sejak lama, namun penggunaan timah sebagai bahan metal berbahaya masih tetap dapat ditemukan pada rumah tangga.

Biasanya produk ini ditemukan pada bahan cat (pada rumah tua), debu rumah tangga, air minum (jika pipa air minum Anda masih terbuat dari timah), dan tanah yang terkontaminasi.

Cara menghindarinya
Jika Anda memiliki rumah yang sudah tua, ada baiknya Anda memanggil petugas untuk mengetes atau memeriksa kandungan timah pada rumah Anda.

Jika Anda memiliki pipa air timah, jangan gunakan air panas dari keran untuk diminum atau membuat susu bayi, karena air panas akan mengeluarkan lebih banyak timah dari pipa.

Dan yang terpenting, periksalah kadar timah dalam diri Anda dan anak.

Baca juga: Jangan Menaruh Benda Apapun di Atas Kulkas, Akibatnya Bisa Fatal

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved