Hati-Hati Jika Menjual atau Membuang Ponsel Rusak, Ini Alasannya

Sebagian dari ponsel-ponsel itu mungkin dijual ulang, kemudian sebagian lagi ada yang direparasi, itupun ponsel yang masih layak dipakai.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Sebagian dari ponsel-ponsel itu mungkin dijual ulang, kemudian sebagian lagi ada yang direparasi, itupun ponsel yang masih layak dipakai. 

Sebagian dari ponsel-ponsel itu mungkin dijual ulang, kemudian sebagiannnya lagi ada yang direparasi, itupun ponsel yang masih layak dipakai.

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Perkembangan zaman terus maju dan tanpa kita duga salah satu yang terus berubah mengikuti perkembangan zaman adalah ponsel.

Seperti yang Anda ketahui, ponsel telah mengalami perkembangan dari masa ke masa, dan beberapa diantaranya sudah dilupakan.

Misalnya ponsel jadul Anda yang sudah tidak Android yang mungkin sudah terjual lama, kemanakah mereka saat ini?

Jika pertanyaan itu terlintas di pikiran Anda mungkin ada baiknya Anda mengetahui fakta di balik ponsel-ponsel tak terpakai seperti berikut ini.

Melansir Toutiao, dari data Xiaolei, limbah ponsel di Tiongkok lebih dari 500 juta ponsel ditinggalkan setiap tahun 2018.

Sebagian dari ponsel-ponsel itu mungkin dijual ulang, kemudian sebagiannnya lagi ada yang direparasi, itupun ponsel yang masih layak dipakai.

Baca juga: Fitur NFC di Smartphone, Apa Sudah Bisa Digunakan di Seluruh Daerah di Indonesia? 

Lantas dikemanakan ponsel-ponsel bekas tak terpakai?

Ternyata ponsel-ponsel tersebut dimurnikan, salah satunya adalah di Shenzen Huanqiang Nort, yang dikenal sebagai lembah ponsel di Tiongkok.

Perusahaan ini telah mulai merenovasi ponsel bekas dari seluruh dunia dan Tiongkok, kemudian dikirim ke beberapa tempat tergantung katergorinya.

1. Ponsel konvensional dikirim ke Henan di mana pabrik akan membongkar, dan mesin fungsional akan di bongkar di Henan.

2. Smartphone, akan dikirim ke Shenzen Huanqiang Nort, adalah tempat di mana ponsel pintar di daur ulang untuk dijual kembali secara matang.

Ponsel-posel ini kemudian dikirim ke pasar bekas domestik dan khusunya ke daerah-daerah tertinggal seperti di Afrika.

Baca juga: Tidak Perlu Disentuh, Bagaimana Cara Kerja NFC di Handphone?

Ponsel bekas yang dijual kembali.

Selain itu ponsel-ponsel bekas ini juga akan diekstraksi pada bagian logam mulianya.

Sebagai contoh ponsel bekas tak terpakai, akan diambil komponsennya seperti layar, mikrofon, motherboard, baterai,dll.

Bagian yang diekstraksi akan dikirim ke pabrik perakitan ponsel dan dimasukkan ke dalam rantai produksi untuk dijadikan mesin baru berikutnya.

Beberapa diantaranya akan dikemas ulang dan dikirim ke toko reparasi ponsel atau dijual eceran kepada orang-orang.

Terakhir ini adalah bagian menarik dari menekstraksi ponsel bekas, di dalamnya ternyata ada logam mulia yang sedikit diketahui orang.

Ponsel-ponsel mewah ternyata mengandung logam mulia seperti emas, perak, dan tembaga yang isinya 80 kali lipat dari biji emas.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved