Apa Kepanjangan dari AM dan PM di Jam Digital Ponsel?

Kita sering menggunakan istilah AM dan PM untuk memberikan kejelasan dan keterangan waktu. Tetapi tahukah kamu apa artinya?

Editor: Geafry Necolsen
Youtube
Kita sering menggunakan istilah AM dan PM untuk memberikan kejelasan dan keterangan waktu. Tetapi tahukah kamu apa artinya? 

Apa Kepanjangan dari AM dan PM di Jam Digital Ponsel?

TRIBUNKALTIM.CO - Dalam penggunaan Bahasa Inggris, kita sering menggunakan istilah AM dan PM untuk memberikan kejelasan dan keterangan waktu. Tetapi tahukah kamu apa artinya?

Banyak kata dan ekspresi bahasa Inggris yang digunakan sehari-hari ternyata berasal dari bahasa Latin, dan ini berlaku untuk beberapa contoh singkatan dan akronim bahasa Inggris.

"Lb," misalnya, singkatan yang tampaknya aneh untuk "pounds", berasal dari frasa Latin "Libra pondo."

"No" sebagai singkatan untuk kata "angka", jelas-jelas berasal dari bahasa Latin "numero," sedangkan tahun Masehi disebut AD atau Anno Domini atau Tahun Tuhan.

Dan, jika kita pernah bertanya-tanya, “Apa kepanjangan dari AM dan PM?”, tentu singkatan umum ini juga berasal dari bahasa Latin.

Baca juga: Asal Usul dan Penemuan Jam Weker yang Terlupakan

Apa kepanjangan dari AM dan PM?

Di Amerika Serikat dan beberapa negara berbahasa Inggris lainnya, kita selalu menggunakan singkatan ini. Namun, banyak orang tidak dapat menjawab dengan benar pertanyaan “Apa kepanjangan dari AM dan PM?”

Nah, jika kita salah satu dari orang-orang itu, jangan bertanya-tanya lagi.

Baca juga: 6 Manfaat Lain Mode Pesawat di Ponsel yang Perlu Kamu Ketahui

AM adalah singkatan dari "ante meridiem". Ungkapan Latin "ante meridiem" berarti "sebelum tengah hari." Itu sebabnya, dalam sistem 12 jam, semua waktu dari tengah malam dan seterusnya menggunakan sebutan ini.

Sedangkan PM adalah singkatan dari "post meridiem," yang berarti "setelah tengah hari", dan dengan demikian berlaku untuk waktu mulai dari tengah hari dan seterusnya.

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Listrik Padam, Hemat Baterai Ponselmu

Kata Latin "post" juga identik dengan kata "setelah".

Negara-negara berbahasa Inggris telah menggunakan singkatan "AM" dan "PM" sejak abad ke-17. 

 

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved