7 Jenis Makanan & Minuman yang Dapat Meredakan Asam Lambung

Apabila Anda merasakan gejala naiknya asam lambung, perlu segera diantisipasi dengan makanan atau minuman yang dapat menurunkan gejala asam lambung. 

Editor: Geafry Necolsen
net
Apabila Anda merasakan gejala naiknya asam lambung, perlu segera diantisipasi dengan makanan atau minuman yang dapat menurunkan gejala asam lambung.  

TRIBUNKALTIM.CO - Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) biasanya akan merasakan mual, nyeri di ulu hati, hingga rasa pahit di tenggorokan. 

GERD adalah kondisi naiknya asam lambung sampai ke kerongkongan akibat katup lambung tidak berfungsi optimal.

Apabila Anda merasakan gejala naiknya asam lambung, perlu segera diantisipasi dengan makanan yang dapat menurunkan gejala asam lambung

  • Makanan penurun asam lambung

Makanan berperan besar terhadap kondisi tubuh kita. Pada prinsipnya, makanan yang sehat dan pola makan yang teratur bisa membantu kita terhindar dari penyakit.

Melansir Healthline, 28 Januari 2020, belum ada makanan yang terbukti menjadi obat penyakit GERD. Akan tetapi beberapa makanan berikut bisa meredakan asam lambung: 

1. Sayuran

Sayuran pada umumnya rendah lemak dan gula. Sayuran bisa membantu mengurangi asam lambung.

Beberapa sayuran yang direkoemendasikan, yakni kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami. Jahe juga merupakan pereda alami untuk sakit maag dan masalah pencernaan lainnya.

Kita bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam maskaan, smoothie atau minum teh jahe untuk meredakan gejala asam lambung.

3. Oatmeal

Oatmeal dari gandum utuh merupakan sumber serat yang sangat baik. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko refluks asam yang lebih rendah. Selain oatmeal, kita juga bisa mengkonsumsi roti gandum dan nasi gandum.

4. Buah selain jeruk

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved