Terlalu Sering Menyemprot Disinfektan dalam Rumah Justru Berbahaya

Penggunaan bahan kimia yang berlebihan di rumah dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi penderita asma atau gangguan pernapasan.

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Ilustrasi. Penggunaan bahan kimia yang berlebihan di rumah dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi penderita asma atau gangguan pernapasan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Dalam setahun terakhir, banyak di antara kita menimbun persediaan produk pembersih untuk melindungi diri dan orang lain dari virus corona.

Penggunaan produk disinfektan untuk membersihkan setiap permukaan rumah, seperti meja, lantai, dan lainnya menjadi kewajiban untuk mencegah berkembangnya virus.

Meskipun demikian, menurut Elizabeth Scott, PhD, seorang profesor biologi di Simmons University dan co-director serta pendiri Simmons Center for Hygiene and Health in Home and Community, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengasah kebiasaan disinfeksi kita.

Baca juga: 10 Tanaman Ini Bisa Menyerap Debu & Menjernihkan Udara dalam Rumah

Menurut Scott, penggunaan berlebihan dan penyalahgunaan produk disinfektan untuk menciptakan ilusi keselamatan, sebenarnya dapat menimbulkan risiko yang lebih besar bagi kesehatan dan lingkungan.

Untuk satu hal, katanya, penggunaan bahan kimia yang berlebihan di rumah dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi penderita asma atau gangguan pernapasan.

“Sampai taraf tertentu, semua bahan kimia disinfektan adalah racun, dan Anda membutuhkan 'racun' untuk membunuh bakteri,” kata Scott, seperti dikutip dari Apartment Therapy, Minggu (4/4/2021). 

“Penggunaan berlebihan dan penyalahgunaan bahan kimia ini dapat menimbulkan risiko lingkungan,” imbuhnya.

Baca juga: Cuci Handuk Seminggu Sekali, Kalau Tidak Ini yang akan Terjadi

Scott mengungkapkan, terlalu banyak mendisinfeksi sebenarnya dapat membuat bakteri tertentu, seperti staph, lebih kuat dan kebal terhadap disinfektan, yang memiliki risiko kesehatan yang jelas.

Solusinya? Scott, bersama International Scientific Forum on Home Hygiene menyarankan pendekatan kebersihan yang ditargetkan.

“Itu berarti mempromosikan penggunaan disinfektan yang ditargetkan pada waktu dan tempat yang dapat memberikan manfaat,” ungkapnya. .

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved