Jalan Cor Beton Bikin Ban Mobil Cepat Habis? Begini Faktanya

Saat melintasi jalan dengan konstruksi cor beton, traksi ban kurang karena ban tidak mendapatkan grip yang baik.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Saat berkendara kadang melintas di jalanan yang terbuat dari beton. Kondisi jalan keras membuat tingkat kebisingan jelas lebih tinggi dibandingkan berlapis dari aspal. 

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Saat berkendara kadang melintas di jalanan yang terbuat dari beton. Kondisi jalan keras membuat tingkat kebisingan jelas lebih tinggi dibandingkan berlapis dari aspal.

Selain itu, saat melintasi jalan yang terbuat dari beton tingkat visibilitas tidak sebaik saat melintas di jalan aspal. Hal ini disebabkan karena warna beton tidak gelap sehingga marka tidak terlihat lebih jelas.

Baca juga: Demi Keselamatan, Jangan Lupa Melakukan Rotasi Ban Mobil

Baca juga: Hati-hati Jika Mencuci Mobil Pakai Hidrolik, Ini yang Harus Diperhatikan

Kemudian untuk traksi ban kurang karena ban tidak mendapatkan grip yang baik. Sehingga, saat melintas di jalan beton pengemudi diminta lebih berhati-hati.

Atas berbagai hal tersebut, kemudian memunculkan anggapan bahwa jalan yang terbuat dari beton dapat membuat ban lebih cepat habis.

Baca juga: Mengapa Mobil Mengeluarkan Air dari Kenalpot Saat Dipanasi? Ini Alasannya

Baca juga: Ini Alasan Jepang Tak Lagi Produksi Mobil Berbahan Bakar Bensin

Saat berkendara kadang melintas di jalanan yang terbuat dari beton. Kondisi jalan keras membuat tingkat kebisingan jelas lebih tinggi dibandingkan berlapis dari aspal.
Saat berkendara kadang melintas di jalanan yang terbuat dari beton. Kondisi jalan keras membuat tingkat kebisingan jelas lebih tinggi dibandingkan berlapis dari aspal. (Istimewa)

Menanggapi anggapan tersebut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal memberikan penjelasan.

Menurutnya, anggapan tersebut tidak begitu benar, mengingat saat membuat ban tentunya pabrikan sudah memperhitungkan berbagai hal.

Baca juga: Sayang Kalau Dibuang, Ini 4 Manfaat Ampas Teh 

Baca juga: Jangan Dibuang, Berikut 8 Manfaat Ampas Kopi

Salah satunya ketika melintasi jalanan yang terbuat dari beton. “Tidak seekstrim itu, dibanding permukaan aspal halus pasti ada bedanya. Tapi tidak signifikan sekali, hingga pengendara jadi parno dengan jalanan beton,” ujar Zulpata.

Zulpata menambahkan, segala kemungkinan yang akan terjadi pada ban sudah diprediksi sebelumnya. Salah satunya dengan adanya studi yang dilakukan oleh pabrikan ban.

Ilustrasi: Ban mobil
Ilustrasi: Ban mobil (net)

“Sudah diprediksi, sudah dilakukan study oleh pabrikan ban untuk mensikapi permukaan beton, dengan dilakukan tes jalan beribu-ribu kilometer,” ucapnya.

Baca juga: 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Membeli Mobil Bekas

Baca juga: Mengapa Mobil di Indonesia Menggunakan Setir Sebelah Kanan?

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved