Corona Varian Delta Menyebar di Indonesia, Ini Daftar Wilayahnya

Varian yang menyebabkan tsunami covid di berbagai negara ini juga telah menyebar di beberapa wilayah di Indonesia, berikut daftarnya.

Editor: Geafry Necolsen
SAM PANTHAKY / AFP
Ilustrasi. Varian yang menyebabkan tsunami covid di berbagai negara ini juga telah menyebar di beberapa wilayah di Indonesia. 

KOMPAS.com - Varian virus corona B.1.617.2 atau disebut juga varian Delta masuk dalam daftar variant of concern (VOC) atau daftar varian virus corona yang perlu diwaspadai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Disebutkan bahwa varian ini juga telah menyebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan ada 32 kasus infeksi virus corona varian B.1.617.2 di Indonesia.

"Iya, sudah menyebar di Indonesia, ada 32 kasus yang terdeteksi dari genom sekuensing," ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com.

Menurut laporan, berikut daftar wilayah yang terdeteksi adanya kasus varian virus corona Delta: 

  • DKI Jakarta
  • Jawa Tengah
  • Kalimantan Tengah
  • Sumatera Selatan

Lebih menular

Dilansir dari NYMag, (4/6/2021), varian B.1.617.2 atau varian Delta telah menyebar di 62 negara. Beberapa peneliti menduga bahwa varian ini berkontribusi pada gelombang besar kasus virus corona di India.

Varian Delta memiliki beberapa mutasi yang tampaknya memberikan keunggulan dibandingkan strain lainnya.

Kemampuan yang penting untuk diperhatikan adalah mereka mampu bermutasi dan dapat membuat strain lebih mudah menular, yang juga akan menjadikannya varian yang paling berbahaya.

Satu studi menunjukkan varian Delta mungkin hingga 50 persen lebih menular daripada varian B.1.1.7 (Inggris/Alpha).

Ahli epidemiologi di Imperial College London sekaligus salah satu penasihat utama pandemi pemerintah Inggris, Neil Ferguson, menyampaikan bahwa varian Delta 60 persen lebih mudah menular daripada Alpha, yang merupakan jenisnya sendiri.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved