Cara Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah, Berikut Tipsnya

Tagihan listrik yang membengkak tiba-tiba sudah sering dialami oleh banyak orang, yang mana hal ini biasanya terjadi akibat ketidaksadaran penghuni ru

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Tagihan listrik yang membengkak tiba-tiba sudah sering dialami oleh banyak orang, yang mana hal ini biasanya terjadi akibat ketidaksadaran penghuni rumah dalam menggunakan listrik secara benar. 

TRIBUNKALTIM.CO - Meski listrik sangat diperlukan untuk menunjang proses kehidupan manusia dalam segala hal, tagihan listrik yang membengkak dan mahal bisa membuat siapapun akan pusing memikirnya.

Tagihan listrik yang membengkak tiba-tiba sudah sering dialami oleh banyak orang, yang mana hal ini biasanya terjadi akibat ketidaksadaran penghuni rumah dalam menggunakan listrik secara benar.

Tentunya kamu tak ingin memiliki tagihan listrik yang mengejutkanmu setiap bulan. Oleh karena itu, mulailah melakukan langkah penghematan listrik agar menghemat keuanganmu dan tidak membuang sumber daya listrik secara percuma.

Dilansir dari beberapa sumber,  berikut ini adalah beberapa cara terbaik untuk menghemat tagihan listrik rumahmu sepanjang tahun.

Baca juga: Tips Merawat Aki Mobil Supaya Lebih Awet dan Hemat Biaya Servis

Baca juga: Hemat Baterai, Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp untuk Android & iPhone

1. Keringkan piring secara alami

Lain kali saat kamu mencuci piring, alih-alih menaruhnya di mesin pencuci piring, biarkan mengering secara alami di udara. Atau kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan selembar kain.

2. Jalankan mesin cuci atau mesin pencuci piring dengan beban penuh

Menjalankan mesin pencuci piring atau mesin cuci dengan beban minimal meningkatkan frekuensi penggunaan dan juga menghabiskan banyak listrik.

Cobalah untuk menjalankan mesin ini saat muatan penuh untuk memanfaatkannya demi keuntunganmu.

3. Matikan peralatan jika tidak digunakan

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved