Tahukah Kamu? Bayi Sudah Mulai Belajar Bahasa Sejak dalam Kandungan

Tangisan adalah bahasa yang digunakan bayi untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya.

Editor: Geafry Necolsen
net
Tangisan adalah bahasa yang digunakan bayi untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. 

Tahukah Kamu? Bayi Sudah Mulai Belajar Bahasa Sejak dalam Kandungan

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Bayi ternyata sudah bisa mendengar semua suara yang ada di sekitarnya meski masih dalam kandungan.

Itu sebabnya segera setelah dilahirkan, bayi bisa membedakan suara ibunya dengan suara orang lain. Selain belajar mendengar, ternyata bayi belajar bahasa juga, lho, selama di dalam rahim ibu!

Bayi belajar bahasa sejak dalam kandungan

Salah satu tanda yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui bahwa malaikat kecil Anda sudah “ahli” berbahasa sejak dalam kandungan adalah dengan mendengarkan tangisannya.

Tangisan adalah bahasa yang digunakan bayi untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Misalnya ketika ia merasa lapar, kedinginan, kesakitan, atau sedang sedih.

Namun ternyata, melodi tangisan setiap bayi itu tidak sama.

Dilansir dari Science Daily, Kathleen Wermke, peneliti dari Universitas Wurzburg di Jerman, mengatakan bahwa irama tangisan bayi bisa berbeda-beda karena selama dalam kandungan, ia mendengar aksen ibunya saat berbicara.

Beberapa orang meyakini bahwa apabila bayi dibedong, bayi akan merasa hangat. Dengan begitu, bayi tidak mudah sakit karena kedinginan. 
Beberapa orang meyakini bahwa apabila bayi dibedong, bayi akan merasa hangat. Dengan begitu, bayi tidak mudah sakit karena kedinginan.  (Istimewa)

Bayi yang lahir dari Ibu berbahasa Prancis cenderung memiliki melodi tangisan yang tinggi, sedangkan bayi yang lahir dalam keluarga berbahasa Jerman cenderung memiliki melodi tangisan yang rendah.

Penelitian lain juga pernah membandingkan dua kelompok tangisan bayi, yaitu bayi keturunan Cina dan bayi keturunan Jerman.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved