Sejarah Jam Weker, Sebelum Alarm Jam Digital Disematkan ke Ponsel

Sebelum ada perangkat yang dilengkapi teknologi pengaturan jam dan alarm, orang-orang mengandalkan ketepatan bangun sahur dan bangun pagi dengan bantu

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Sebelum ada perangkat yang dilengkapi teknologi pengaturan jam dan alarm, orang-orang mengandalkan ketepatan bangun sahur dan bangun pagi dengan bantuan jam weker.   

TRIBUNKALTIM.CO - Sebelum ada perangkat yang dilengkapi teknologi pengaturan jam dan alarm, orang-orang mengandalkan ketepatan bangun pagi dengan bantuan jam weker.  

Jam weker biasanya berbentuk kecil saja. Karena memang didesain sebagai jam meja, sehingga bisa diletakkan di samping tempat tidur agar efektif dalam membangunkan si pemilik jam.

Pengaturan jam biasanya terletak di bagian belakang jam. Berupa putaran untuk mengatur jarum jam dan juga jarum menit.

Baca juga: Awal Mula Hari Minggu Jadi Hari Libur, Termasuk di Indonesia

Jam weker merupakan penemuan yang memudahkan hidup manusia. Jauh sebelum jam weker ditemukan, sekitar tahun 1600, manusia bangun pagi mengandalkan ritme alami tubuhnya. 

Atau mengandalkan ritme alam yang ada di sekitarnya. Semisal kokok ayam, nyanyian burung, lenguh sapi yang menuntut makan pagi, dan suara-suara alam lainnya. 

Dilansir dari Livescience, di tahun 1600-1700, ada profesi yang bertugas berkeliling rumah ke rumah untuk membangunkan para tukang tidur yang sering terbangun kesiangan.

Baca juga: Sejarah Lahirnya Pizza, Dulu Harganya Murah dan Dikonsumsi Warga Miskin

Mereka akan mengetuk jendela dengan sangat keras. Jika tak mempan, mereka akan melempar wajah si tukang tidur menggunakan kacang atau biji-bijian lewat jendela.

Baca juga: Di Indonesia Disebut Uang atau Duit, Dari Mana Sebutan Ini Berasal?

Penemuan jam weker kuno

Jika berbicara tentang sejarah jam weker, kita tak bisa lepas dari masa kejayaan Yunani Kuno dan Mesir Kuno, dimana manusia masa itu sudah belajar menandai waktu dengan jam matahari dan tugu atau monumen obelisk. 

 

Dari penemuan jam purba tersebut, teknologi penanda waktu berkembang dari waktu ke waktu.

Sumber: Kompas.com

Halaman selanjutnya

Melansir dari Insider, jam weker ...

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved