Bahaya Mukormikosis, Infeksi Jamur Hitam yang Menyerang India

Mukormikosis adalah infeksi langka tetapi serius dan bisa berakibat fatal. Penyakit ini sering disebut sebagai infeksi jamur hitam.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Perlu diingat, penyakit mukormikosis langka. Namun, beberapa kelompok orang lebih rentan dibandingkan kelompok lainnya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Ratusan pasien dan penyintas Covid-19 di beberapa negara bagian India terdeteksi mengalami infeksi mukormikosis.

Mukormikosis adalah infeksi langka tetapi serius dan bisa berakibat fatal. Penyakit ini sering disebut sebagai infeksi jamur hitam.

Dilansir Indian Express, Senin (10/5/2021) penyakit ini sering bermanifestasi di kulit dan juga menyerang paru-paru dan otak.

Baca juga: Wakil Dubes RI untuk India, Meninggal Usai Terpapar Covid-19

Dengan sejumlah kasus mukormikosis terdeteksi di Delhi, Maharashtra dan Gujarat, para ahli di satuan tugas Covid-19 India pada Minggu (9/5/2021) mengeluarkan peringatan berbasis bukti tentang penyakit tersebut.

Terlebih, peningkatan kasus mukormikosis pada pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dan penyintas Covid-19, membuat beberapa orang memerlukan tindakan pembedahan segera.

Baca juga: Waspada Infeksi Jamur Hitam yang Mematikan, Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya

Mukormikosis, penyakit apa itu?

Meski jarang terjadi, mukormikosis adalah infeksi serius yang bisa berakibat fatal. Mukormikosis disebabkan oleh jamur mucormycetes yang secara alami hidup di lingkungan.

"Mukormikosis memengaruhi orang-orang yang sedang menjalani pengobatan dan sistem imun yang lemah," kata para ahli dari satgas Covid-19 India.

Setelah seseorang menghirup spora jamur mucormycetes yang ada di udara, jamur akan menyerang saluran pernapasan dan paru-paru.

Biasanya, mukormikosis tidak menjadi ancaman besar bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan yang sehat.

Gejala Mukormikosis

Ada beberapa gejala yang menunjukkan seseorang mungkin terinfeksi mukormikosis, yakni: nyeri dan kemerahan di sekitar mata atau hidung, disertai demam, sakit kepala, batuk, sesak napas, muntah berdarah, dan perubahan status mental.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved