Isi Bensin Lebih Baik Dilakukan pada Malam Hari, Penjelasannya

Mengisi bahan bakar minyak (BBM/bensin) merupakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan ketika volume tangki sudah menipis. Kebanyakan tidak mempertimb

Editor: Geafry Necolsen
Kompas
Ada anggapan yang mengatakan bahwa pemilik kendaraan sebaiknya melakukan isi bensin pada malam hari. 

Isi Bensin Lebih Baik Dilakukan pada Malam Hari, Penjelasannya

TRIBUNKALTIM.CO - Mengisi bahan bakar minyak (BBM/bensin) merupakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan ketika volume tangki sudah menipis. Kebanyakan tidak mempertimbangkan waktu (malam atau siang), kapan pengisian BBM dilakukan.

Baca juga: Bukan Empty, Ini Arti Huruf E di Indikator BBM

Namun, ada anggapan yang mengatakan bahwa pemilik kendaraan sebaiknya melakukan isi bensin pada malam hari. Alasannya supaya mendapatkan bensin lebih banyak dibandingkan saat mengisinya di siang hari.

Bukan tanpa alasan, sebab karakter bahan bakar memang mudah menguap di siang hari. Terlebih lagi jika bahan bakar tersebut ditempatkan di dalam tangki berbahan logam, efek pemuaiannya pun akan menjadi lebih cepat.

Baca juga: Saat Indikator BBM Berada di Posisi E, Berapa Jauh Mobil Bisa Berjalan?

Secara prinsip cairan, baik itu air atau bahan bakar, dipengaruhi kondisi lingkungan sekitar. Misal, air jika diletakan dalam kulkas akan menjadi dingin dan bisa menjadi beku.

Jika dijemur di matahari maka akan menjadi hangat dan jika panas terik juga bisa memuai.

Hal ini juga berlaku untuk bahan bakar seperti bensin, jika temperatur di lingkungan sekitar turun, maka tempereaturnya juga akan ikut turun dan sebaliknya.

Baca juga: Mengisi BBM Sampai Penuh, Justru Bikin Mobil Cepat Rusak

Baca juga: Pengendara Motor Sebaiknya Turun dari Kendaraan Saat Isi BBM, Ini Alasannya

“Satu liter bensin waktu suhu dingin dan satu liter bensin waktu panas, jika ditimbang pasti beratnya tidak sama,” ujar Business Unit Head SPBU Pertamina Cirebon Agung Santoyo saat dihubungi Kompa.com belum lama ini.

Agung melanjutkan, sudah pasti akan lebih berat yang suhunya dingin. Namun, untuk perbedaannya tidak terlalu berpengaruh pada perubahan volume bahan bakar.

Untuk Jakarta, suhu siang hari bisa mencapai 32 derajat celcius, saat malam akan turun menjadi 29 hingga 30 derajat celcius. Perbedaan dua derajat itu tidak terlalu berpengaruh pada volume bahan bakar.

“Kalau untuk jumlah tidak terlalu signifikan, apalagi di isi ke tangki mobil atau motor. Kecuali mobil truk yang kapasitas tangki pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) mencapai 8000 liter,” kata dia.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved