Untuk Sahur dan Buka Puasa, Berapa Lama Nasi Boleh Dipanaskan Dalam Rice Cooker?

Dengan menggunakan rice cooker ini juga dapat memanaskan nasi yang tersisa setelah sahur atau berbuka puasa, sehingga bisa disajikan kembali.

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Dengan menggunakan rice cooker ini juga dapat memanaskan nasi yang tersisa setelah sahur atau berbuka puasa, sehingga bisa disajikan kembali. 

Berapa Lama Nasi Boleh Dipanaskan Dalam Rice Cooker?

TRIBUNKALTIM.CO - Selain terkenal sebagai sumber karbohidrat, nasi juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Oleh karena itu, nasi menjadi makanan pokok atau utama masyarakat Indonesia.

Untuk memasak nasi, kini tak perlu repot dengan menggunakan panci karena produsen elektronik memberikan alternatif yakni dengan menggunakan rice cooker.

Dengan menggunakan rice cooker ini juga dapat memanaskan nasi yang tersisa setelah sahur atau berbuka puasa, sehingga bisa disajikan kembali.

Padahal, dilansir dari Smart Kitchen Improvement, Sabtu (6/2/2021), memanaskan kembali nasi dalam jangka waktu tertentu dapat mengembangkan bakteri dan menyebabkan keracunan makanan saat mengonsumsinya.

Lantas, berapa lama bisa menghangatkan nasi di dalam rice cooker?

Rata-rata waktu untuk bisa meninggalkan nasi di dalam rice cooker tanpa pembusukan adalah 11-12 jam.

Singkatnya, rata-rata waktu Anda meninggalkan nasi dalam penanak nasi tanpa pembusukan adalah 11-12 jam, namun ada beberapa variabel yang ikut berperan, mari kita selami lebih jauh.

Baca juga: Bisa Menyebabkan Keracunan, Berapa Batas Maksimal Nasi Dipanaskan Kembali?

Sebab, beras saat dalam fungsi penghangat biasanya berlangsung selama 11-12 jam, setelah jangka waktu tersebut, mungkin mulai mengembangkan bakteri dan kehilangan rasa. Beberapa penanak nasi bagus dalam mengawetkan nasi lebih lama dari yang lain.

Hindari membiarkan nasi semalaman di rice cooker

Sebaiknya, hindari membiarkan nasi di dalam rice cooker semalaman, karena bisa menyebabkan nasi mulai berubah warna dan kehilangan rasa dan itu pertanda terbentuknya bakteri.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah nasi lebih aman dikonsumsi adalah dengan mengambil sedikit nasi dan mencicipinya apakah masih bisa dikonsumsi atau tidak.

Baca juga: Merasa Belum Kenyang Kalau Belum Makan Nasi? Ini Penyebabnya

Cara terbaik dan aman untuk mengawetkan sisa nasi adalah dengan mematikan penanak nasi 5 jam setelahnya, ambil nasinya dan masukkan ke dalam wadah tertutup dan dinginkan pastikan wadahnya tertutup rapat.

Untuk menjaga nasi tetap enak seperti saat dipanaskan kembali, disarankan tidak menggunakan rice cooker untuk memanaskan kembali, melainkan menggunakan kukusan, ini akan membuat nasi lebih segar dan enak seperti saat Anda memasaknya.

Apakah menghangatkan nasi membunuh bakteri? Sayangnya, tidak, menghangatkan kembali nasi tidak akan membunuh bakteri jika sudah berkembang lebih jauh, dan tidak ada cara untuk mengetahui apakah nasi tersebut aman untuk dikonsumsi.

Penelitian menunjukkan bahwa menyimpan nasi dan memanaskannya kembali dengan cara yang benar sangat penting untuk mencegahnya menjadi keracunan makanan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved