Apakah Puasa Ramadhan bisa Menurunkan Berat Badan?

Meskipun berpuasa di bulan Ramadhan dilakukan tanpa makan dan minum, namun apakah bisa menurunkan berat badan?

Istimewa
Ilustrasi. Meskipun berpuasa di bulan Ramadhan dilakukan tanpa makan dan minum, namun apakah bisa menurunkan berat badan? 

TRIBUNKALTIM.CO - Meskipun berpuasa di bulan Ramadhan dilakukan tanpa makan dan minum, dari sebelum terbit fajar hingga matahari terbenam, namun apakah puasa bisa menurunkan berat badan?

Mungkin tampak seperti hal yang mustahil, tetapi bukan berarti puasa dan menurunkan berat badan tidak bisa dilakukan bersama.

Dibutuhkan strategi atau cara yang tepat untuk bisa melakukan keduanya, baik puasa maupun target menurunkan berat badan.

Baca juga: Tips Menjaga Imunitas Tubuh saat Puasa di Tengah Pandemi

Baca juga: Melatih Anak Puasa Ramadan, Ini yang Harus Diperhatikan Orangtua

Perlu diingat bahwa bertambahnya berat badan adalah hasil dari konsumsi lebih banyak kalori, daripada kalori yang dibakar oleh tubuh.

Saat tiba waktu berbuka puasa atau iftar, dengan banyak makan, apalagi asupan makanan berlemak secara tiba-tiba, dapat menggagalkan target penurunan berat badan selama masa Ramadhan.

Ahli gizi di American Wellness Center di Dubai, Feda Alkilani, mengatakan puasa Ramadhan pada dasarnya adalah jenis puasa intermiten. Tren baru dalam penurunan berat badan.

"Asalkan, Anda makan dengan jumlah dan kualitas yang tepat, penurunan berat badan tidak hanya dapat dilakukan, tetapi juga mudah dilakukan selama Bulan Suci ini," kata Alkilani, seperti dilansir dari Gulf News, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Berikut 9 Hal yang Bisa Membatalkan Puasa

Baca juga: Waktu Puasa Dimulai saat Imsak atau Azan Subuh?

Untuk diketahui, puasa intermiten adalah puasa yang fokus pada pola makan, saat Anda mengatur pola makan, waktu makan dan makanan yang dikonsumsi.

Berbeda dengan puasa Ramadhan, biasanya orang yang melakukan puasa intermiten untuk menurunkan berat badan, waktu konsumsi adalah 6-8 jam. Air dan minuman berkafein non-gula seperti kopi hitam dan teh, masih diperbolehkan untuk dikonsumsi.

Namun, cara menurunkan berat badan yang tepat selama menjalani puasa Ramadhan, ahli menyarankan agar fokus pada makanan dan olahraga.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved