4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Bekas

Diperlukan kehati-hatian dan ketelitian buat Anda yang menginginkan membeli mobil bekas

Editor: Geafry Necolsen
Morguefile
Pemeriksaan komponen mobil 
4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli Mobil Bekas
TRIBUNKALTIM.CO - Makin majunya dunia teknologi memberikan kemudahan di segala bidang. Salah satunya jual beli mobil yang bisa dilakukan secara online lewat sentuhan jari-jari tangan.
Meski demikian, selalu saja ada kekurangan dan risiko yang selalu mengintai.
Diperlukan kehati-hatian buat Anda yang menginginkan membeli mobil bekas, apa lagi jika membeli secara online, agar tidak berujung kekecewaan.
Kebutuhan sarana transportasi mobil yang makin besar mendorong tumbuhnya pasar otomotif. Tidak hanya dealer mobil baru yang berkembang dimana-mana, dealer mobil bekas pun turut menjamur.
Seiring dengan berkembangnya platform digital, transaksi jual beli mobil kini juga makin mudah. Masyarakat kini bisa membeli mobil baru maupun mobil bekas, dilakukan lewat sentuhan jari-jari di layar telepon seluler.
Selain penawaran secara langsung dari si pemilik, penjualan mobil bekas kini juga bisa dilakukan lewat pihak ketiga memanfaatkan situs jual beli mobil online.

Bagi calon pembeli ini suatu keuntungan tersendiri. Mereka punya lebih banyak pilihan model dan merek yang tentu saja disesuaikan dengan dana yang ada.

Baca juga: Dampak Negatif Parkir Mobil di Bawah Terik Matahari

Hanya saja, meski model jual beli ini semakin mudah bukan berarti tanpa risiko.

Selalu ada oknum yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan atau menggunakan cara-cara tidak benar dalam menjajakan dagangannya seperti menutupi kekurangan.

Memanipulasi data perawatan dan data jarak tempuh hingga merekayasa tambahan biaya yang dibebankan kepada calon pembeli.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas dengan Harga Murah, Mulai Rp 20 Jutaan

Baca juga: Cari Mobil Bekas Dengan Harga Miring? Berikut 10 Daftar Mobil Murah

Jadi, buat Anda yang menginginkan membeli mobil bekas secara online sebaiknya berhati-hati agar tidak berujung kekecewaan di kemudian hari.

1. Harganya masuk akal atau tidak

Mobil bekas memiliki standar harga tersendiri, biasanya depresiasi antara 10%-15% (bukan patokan paten).

Kalau ada mobil ditawarkan dengan harga sangat murah di bawah harga umumnya, Anda patut curiga.

Baca juga: Angkat Wiper Mobil saat Parkir, Apakah Cara Ini Terbukti Bikin Wiper Jadi Awet?

Hampir bisa dipastikan ada kekurangan yang ditutup-tutupi sebab tidak masuk akal. Jadi, jangan hanya tergiur dengan harga murah dan foto mobil kinclong yang dipajang.

Ganti oli mobil
Ganti oli mobil (istimewa)

2. Perhatikan kondisi kendaraan

Harusnya setiap mobil yang dijual selalu ada keterangan lengkap terkait riwayat dan kondisi mobil itu sendiri. Keluaran tahun berapa, jarak tempuhnya berapa, fitur tambahannya apa, servisnya bagaimana dan lain sebagainya.

Baca juga: Jangan Langsung Nyalakan AC Setelah Mobil Parkir di Bawah Terik Matahari

Apa sudah sesuai dengan yang Anda inginkan apa belum. Hubungi si penjual untuk meminta keterangan lebih detail, bila perlu mintalah foto-foto dari sudut dan bagian yang Anda inginkan.

3. Waspadai modus minta uang tanda jadi

Meski jarang terjadi modus ini ada saja yang melakukan. Biasanya dilakukan si penjual karena melihat calon pembelinya punya minat tinggi dan terkesan menggebu-gebu.

Baca juga: Jangan Salah Pasang Kasur di Mobil, Maut Mengincar

Dengan alasan sudah diincar orang lain, pembeli disuruh transfer sejumlah dana untuk memastikan mobil tidak dijual ke orang lain. Kalau Anda menemukan penjual seperti ini saat ingin membeli mobil bekas secara online sebaiknya jangan dituruti.

4. Lakukan pertemuan langsung dengan penjual dan mobil yang dijual

Sudah melakukan komunikasi via online, sebaiknya Anda ketemu langsung dengan si penjual dan mobil yang ditawarkan di internet. Kalau penjual menghindar dengan berbagai alasan, Anda patut curiga.

Baca juga: Mengisi BBM Sampai Penuh, Justru Bikin Mobil Cepat Rusak

Jika sudah ketemu periksa dengan seksama spesifikasi dan kondisi mobil apakah sama dengan seperti yang ditawarkan atau berbeda. Dan jangan lupa, lakukan test drive agar Anda tahu bagiamana rasa mobil bekas yang ingin Anda beli.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved