Ekonomi

5 Cara Mudah Hemat Pengeluaran Selama Pandemi

Penghematan ini bisa dilakukan dari cara pemakaian AC yang lebih lama, kipas angin, lampu, hingga air dan makanan sisa.

Istimewa
Penghematan ini bisa dilakukan dari cara pemakaian AC yang lebih lama, kipas angin, lampu, hingga air dan makanan sisa. 

5 Cara Mudah Hemat Pengeluaran Selama Pandemi

TRIBUNKALTIM.CO  - Ketika semua orang menghabiskan waktu untuk melakukan kegiatan di dalam rumah, akan menyebabkan tagihan listrik naik daripada saat semua orang berkegiatan di luar rumah.

Peningkatkan konsumsi dan tagihan  listrik ini memiliki sumber yang beragam, mulai dari pemakaian AC yang lebih lama, kipas angin, lampu, hingga air.

Memiliki anggota keluarga yang banyak dan berkegiatan di rumah artinya menaikkan jumlah energi yang digunakan sehari-hari.

Namun, dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (14/4/2021), ada sejumlah cara agar Anda bisa menghemat energi di dalam rumah sehingga tidak terjadi pembengkakan tagihan listrik. Bahkan, cara ini merupakan cara kecil yang dapat dilakukan oleh semua orang.

Apa saja? Berikut ulasannya. 

1. Matikan keran saat mencuci piring

Tanpa disadari, beberapa orang tetap membiarkan air mengalir ketika sedang mencuci piring. Padahal hal tersebut membuang banyak air dan energi.

Untuk mengurangi pemborosan, matikan keran air ketika Anda sedang mencuci piring dan nyalakan kembali ketika ingin membilas.

2. Ganti keran wastafel dapur

Ada beberapa keran wastafel yang dapat membantu menurunkan jumlah air yang terbuang sekaligus memberi Anda lebih dari cukup tekanan air saat mencuci piring. Jika memungkinkan, pilih keran yang seperti ini agar Anda bisa lebih berhemat.

3. Perhatikan sisa makanan

Ketika makanan yang tidak terpakai berakhir di tempat pembuangan sampah, ia dapat melepaskan gas metana saat terurai dan menciptakan gas rumah kaca yang menghangatkan planet ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved