Sains

Benarkah Kepribadian Manusia Berubah Seiring Bertambahnya Usia?

Kepribadian menggambarkan tentang siapa diri kita sebenarnya. Lalu, apakah kepribadian ini dapat berubah seiring bertambahnya usia?

Editor: Geafry Necolsen
HelloSehat
Kepribadian menggambarkan tentang siapa diri kita sebenarnya. Lalu, apakah kepribadian ini dapat berubah seiring bertambahnya usia? 

TRIBUNKALTIM.CO - Manusia bertumbuh dan berkembang setiap harinya dan mengalami banyak fase hidup dari kecil sampai dewasa. Dalam prosesnya, kerap kita mengalami berbagai perubahan, baik dari bentuk fisik, pola pikir, hingga kepribadian.

Seperti yang kita tahu, kepribadian menggambarkan tentang siapa diri kita sebenarnya. Lalu, apakah kepribadian ini dapat berubah seiring bertambahnya usia?

Sebelum kita bahas lebih jauh, kita harus mengenal dulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan kepribadian dan apa yang menyebabkan kepribadian dapat berubah.

Melansir Live Science, kepribadian adalah pola pikiran, perasaan, dan perilaku yang unik pada seseorang. Namun, kebanyakan orang menganggap bahwa kepribadian setiap individu itu bersifat tetap dan tak bisa berubah.

Baca juga: Ghosting adalah Kejahatan Emosional

Baca juga: Waspada Penipuan di Online Berkedok Cinta, Korban Harta dan Perasaan

Tetapi faktanya, bukan begitu cara kerjanya. 

Brent Roberts, seorang psikolog di University of Illinois di Urbana-Champaign mengungkapkan bahwa kepribadian adalah fenomena perkembangan dengan kata lain kepribadian dapat berkembang seiring waktu.

Namun perubahan ini terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Sebuah studi longitudinal mensurvei kepribadian peserta secara teratur selama bertahun-tahun dan menunjukkan bahwa kepribadian kita sebenarnya stabil dalam skala waktu yang lebih singkat.

Dalam satu studi yang diterbitkan pada tahun 2000 di jurnal Psychological Bulletin, para peneliti menganalisis hasil dari 152 studi longitudinal tentang kepribadian ini.

Para peserta diambil dari berbagai kalangan usia mulai dari masa kanak-kanak hingga awal 70-an.

Masing-masing studi ini mengukur tren dalam Lima Besar ciri kepribadian yang meliputi ekstroversi, keramahan, kesadaran, keterbukaan terhadap pengalaman, dan neurotisme.

Baca juga: Tahukah Kamu, Ibu yang Hamil di Usia Lebih Tua Cenderung Melahirkan Anak yang Lebih Pintar

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved