Seberapa Banyak Porsi Makan Nasi untuk Sarapan?

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh untuk berfungsi normal. Pilih lah, karbohidrat yang kompleks seperti makanan pokok.

Editor: Geafry Necolsen
net
Ilustrasi: Makan nasi 

TRIBUNKALTIM.CO - Banyak orang yang menghindari makan nasi atau karbohidrat lainnya ketika sarapan pagi.

Bahkan, ada yang sampai sengaja melewatkan sarapan. Sebagian besar alasannya adalah karena sedang diet. Tetapi, apakah tidak makan nasi saat sarapan bisa bikin berat badan turun?

Tidak makan nasi saat sarapan bikin cepat lemas

Sebenarnya, Anda tak melulu harus makan nasi di setiap waktu makan, termasuk saat sarapan. Anda dapat menggantinya dengan jenis karbohidrat lain, seperti misalnya kentang, roti, bihun, ubi, dan berbagai makanan pokok lainnya.

Baca juga: Sayang Kalau Dibuang, Ini 4 Manfaat Ampas Teh 

Baca juga: Jangan Dibuang, Berikut 8 Manfaat Ampas Kopi

Tetapi bila Anda benar-benar menghindari makan semua jenis karbohidrat saat sarapan, maka bukannya diet jadi berhasil, malah Anda akan merasa kelelahan dan tidak enak badan sepanjang hari.

Pasalnya, karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh untuk berfungsi normal. jika Anda membiarkan tubuh berpuasa karbohidrat semenjak pagi hari – apalagi setelah semalaman perut kosong – maka tubuh tidak akan dapat energi untuk beraktivitas secara optimal.

Baca juga: Cuci Handuk Seminggu Sekali, Kalau Tidak, Ini yang akan Terjadi

Kekurangan asupan karbohidrat meningkatkan risiko ketoasidosis yang berbahaya
Banyak yang berkilah bahwa tak perlu-perlu amat makan karbo saat sedang diet karena toh kita masih punya energi cadangan dari lemak tubuh.

Ini ada benarnya.

Ketika Anda tidak melewatkan asupan karbohidrat yang merupakan sumber energi utama, tubuh akan langsung mengambil lemak-lemak cadangan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved