Cara Menjaga Sistem Kekebalan Anak Selama Pandemi Covid-19

Anak-anak bisa menjadi sumber penularan potensial Covid-19, karena anak-anak yang terinfeksi Covid-19 cenderung tak bergejala.

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Perlu kah anak di bawah usia lima tahun (balita) mengenakan masker? 

Cara Menjaga Sistem Kekebalan Anak Selama Pandemi Covid-19

TRIBUNKALTIM.CO - Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, menambah kecemasan para orangtua terhadap masalah kesehatan anak-anak. Kini bukan hanya menghadapi ancaman flu, tapi juga virus corona.

Apalagi penelitian menunjukkan, anak-anak bisa menjadi sumber penularan potensial Covid-19, karena anak-anak yang terinfeksi Covid-19 cenderung tak bergejala.

Baca juga: Kekebalan Tubuh Anak Lebih Kuat Melawan Virus Corona, Ini Buktinya

Meski demikian, menurut WHO, sebagian anak-anak terinfeksi Covid-19 juga mengembangkan gejala berat.

Karena itu, sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak, untuk membantu melindungi anak dari kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

Baca juga: Terlalu Lama dan Terlalu Sering Main Game, Bisa Bikin Anak Pingsan Sampai Serangan Jantung

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan anak selama pandemi Covid-19?

Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik RS Pondok Indah, dr. Cut Nurul Hafifah Sp.A (K), mengatakan, menjaga kesehatan anak di masa pandemi Covid-19 tidak melulu dengan memberikan vitamin.

Ada beberapa zat gizi yang terkait dengan kekebalan tubuh, di antaranya adalah protein untuk pembentukan antibodi, lemak untuk membantu kerja mediator radang, serta mineral seperti zat besi, dan zinc yang juga dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh.

“Oleh karena itu, anak- anak harus mendapatkan nutrisi lengkap, dijaga status gizinya tetap baik, dan jika perlu tambahan vitamin utamakan dari sumber alamiah,” jelas dr. Cut.

Baca juga: Yang Wajib Diperhatikan Orangtua, Jika Anak Kembali Sekolah Tatap Muka saat Pandemi

Lebih lanjut ia mengatakan, vitamin yang bisa didapat dari sumber alamiah misalnya vitamin D yang didapat paling banyak dari sinar matahari.

“Orangtua bisa membiasakan anak beraktivitas di luar ruangan selama 15-30 menit per hari”, ujarnya.

Selain itu, vitamin B bisa didapatkan dari starchy food atau karbohidrat dasar seperti nasi dan vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan.

Baca juga: Vaksin Pfizer dan Moderna Diklaim Lindungi Ibu Hamil dan Bayi Baru Lahir

Melansir Health Cleveland Clinic, selain vitamin, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan dan kesehatan anak di masa pandmei Covid-19, yaitu tidur yang berkualitas.

Pasalnya, tidur adalah saat tubuh beristirahat, beregenerasi, dan menyembuhkan. Sehingga, itu menjadi bagian penting dari menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dan yang tak kalah penting adalah berolahraga secara rutin, karena aktivitas fisik dapat membantu tubuh Anda tetap tangguh dan lebih mungkin melawan infeksi.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved