Tripanofobia, Ketakutan Berlebihan Terhadap Jarum Suntik, Begini Cara Mengatasinya

Bila Anda memang termasuk orang yang takut disuntik, coba simak ulasan di bawah ini untuk mengatasi rasa takut tersebut.

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Bila Anda memang termasuk orang yang takut disuntik, coba simak ulasan di bawah ini untuk mengatasi rasa takut tersebut. 

 Tripanofobia, Ketakutan Berlebihan Terhadap Jarum Suntik, Begini Cara Mengatasinya

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Saat ini pemerintah sedang gencar melakukan vaksinasi covid-19. Tidak ada pilihan lain, vaksinasi ini dilakukan dengan jarum suntik.

Sayangnya, tidak sedikit yang melihat jarum suntik yang tajam di depan mata, membuat nyali kebanyakan orang menciut.

Bila Anda memang termasuk orang yang takut disuntik, coba simak ulasan di bawah ini untuk mengatasi rasa takut tersebut.

Perawatan untuk mengatasi rasa takut disuntik

Takut dengan jarum suntik dikenal dengan istilah medis tripanofobia. Kondisi ini menyebabkan seseorang yang mengalami kenaikan tekanan darah, detak jantung, bahkan pingsan setelah melihat jarum.

Kebanyakan yang memilikinya biasanya pernah mengalami trauma dengan penggunaan jarum.

Saat sakit, pengobatan orang dengan tripanofobia biasanya akan diusahakan tanpa melalui suntikan. Sayangnya, tak semua pengobatan bisa diberikan lewat oral (mulut) maupun topikal (dioleskan ke kulit).

Untuk mengantisipasinya, pasien harus mampu mengatasi rasa takut disuntik melalui perawatan terapi kognitif dan perilaku (CBT).

Terapi ini akan membantu pasien secara bertahap mengurangi rasa takutnya dengan berbagai teknik, seperti melihat suntik lewat gambar atau video, melihat jarum suntik asli tanpa jarum, dan melihat jarum suntik utuh,

Teknik ini akan dilakukan secara berulang dan bertahap hingga pasien mampu mengendalikan diri dari rasa takut sampai gejalanya semakin hari kian membaik.

Tips mengatasi rasa takut saat ingin disuntik

Meski takut disuntik, kemungkinan memperoleh pengobatan melalui jarum suntik tetap ada. Bila Anda berada pada situasi ini, National Health Service memberikan langkah-langkah untuk menghadapinya, seperti:

1. Beri tahu kondisi Anda

anemia ke dokter apa

Bila Anda berniat menjalani perawatan yang melibatkan jarum suntik, beri tahu fobia yang Anda miliki pada tim medis. Beri tahu pula sejauh mana perawatan yang Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut disuntik tersebut.

Dengan begitu, tim medis mampu memberikan perawatan dengan cara yang paling tepat dan hati-hati tanpa memicu munculnya gejala fobia.

2. Lakukan applied tension

gerakan peregangan untuk nyeri leher

Saat Anda tahu harus berhadapan dengan jarum, gejala fobia dapat muncul. Biasanya, Anda akan merasa tegang dan cemas sehingga membuat tekanan darah tidak stabil.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk melakukan applied tension.

Applied tension adalah cara mengatasi takut disuntik yang sederhana, yaitu untuk mengembalikan tekanan darah ke tingkat normal agar Anda tidak pingsan.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
3962 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved