Apa Itu Long Covid? Fenomena yang Sudah Muncul Sejak Awal Pandemi

Long Covid adalah suatu fenomena yang memang sudah terjadi selama pandemi Covid-19, dalam kurun waktu hampir setahun ini

Antara Foto
Ilustrasi, Long Covid adalah suatu fenomena yang memang sudah terjadi selama pandemi Covid-19, dalam kurun waktu hampir setahun ini 

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum berakhir, bahkan jumlah kasus positif masih terus bertambah dari hari ke hari.

Di tengah pandemi yang belum dapat dipastikan kapan akan berakhir, masyarakat kehadiran fenomena long Covid masih menghantui,

Apa itu Long Covid?

Dijelaskan oleh dokter spesialis patologi klinik Primaya Hospital Bekasi Timur, dr Muhammad Irhamsyah, SpPK, MKes, fenomena long Covid yang terjadi pada pasien terkonfirmasi positif PCR (terinfeksi Covid-19) bukanlah hal yang baru.

" Long Covid adalah suatu fenomena yang memang sudah terjadi selama pandemi Covid-19, dalam kurun waktu hampir setahun ini," ujar Irham.

Istilah long covid lebih mengarah pada fenomena gejala-gejala yang dialami pasien pasca-terinfeksi Covid-19.

Hal ini dikarenakan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 merupakan jenis virus baru, dan hingga saat ini seluruh dunia masih melakukan penelitian mendalam tentang virus dan penyakit yang diakibatkannya.

Apalagi, penyakit yang ditimbulkan oleh virus SARS-CoV-2 ini memang berbahaya sehingga dapat menyebabkan kematian.

"Penelitian mengatakan bahwa penyakit yang ditimbulkan oleh Covid-19 ini bergantung seberapa berat kerusakan organ yang dialami oleh pasien," kata Irham.

Hal tersebut nantinya akan menimbulkan potensi pasien mengalami gejala berkelanjutan dan melalui proses perbaikan organ tubuh yang memakan waktu lama.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved