Masker Duckbill, Apakah Efektif Mencegah Penularan Covid-19?

Ada bermacam-macam jenis masker, mulai dari masker medis, masker kain yang dapat dicuci dan dipakaikembali, hingga yang sedang ramai adalah masker duc

Tribunnews
Ada bermacam-macam jenis masker, mulai dari masker medis, masker kain yang dapat dicuci dan dipakaikembali, hingga yang sedang ramai adalah masker duckbill.  

TRIBUNKALTIM.CO - Masyarakat dianjurkan untuk rajin menggunakan masker, sebagai salah satu pencegahan dari tertular virus corona Covid-19. 

Ada bermacam-macam jenis masker, mulai dari masker medis, masker kain yang dapat dicuci dan dipakaikembali, hingga yang sedang ramai adalah masker duckbill

Dalam pekan ini, media sosial tengah diramaikan mengenai pemakaian masker jenis duckbill atau masker yang menyerupai paruh bebek.

"Eh kenapa sih masker duckbill tuh hype banget? dia kenapa dah?" tulis akun Twitter @ciwikuat.

" Masker duckbill itu bagus gak sih? Maksudnya untuk pencegahan coronces ini termausk dalam rekomen masker yang untuk digunakan atau enggak?" tulis akun Twitter @pawpaoST dalam twitnya.

Efektifitas masker duckbill

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Prof Budi Haryanto mengatakan, masker duckbill memiliki kualitas yang sama dengan masker bedah dan dapat digunakan untuk mencegah penularan Covid-19.

" Duckbill sebenarnya kualitasnya setara dengan masker bedah yang digunakan standar tenaga kesehatan, jadi relatif masih bisa digunakan untuk mencegah penularan Covid-19 jika dibarengi dengan jaga jarak," ujar Budi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (17/1/2021).

Terkait efektivitas, Budi mengungkapkan bahwa masker duckbill terdiri dari 3 lapis bahan.

Artinya, masker ini mampu melindungi saluran pernapasan sebesar 95 persen dari debu, serbuk sari, bakteri, virus, dan polutan udara.

"Setara dengan kualitas masker nakes," lanjut dia.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved