Ahli Sarankan Pakai 2 Masker untuk Perlindungan Maksimal dari Virus Corona

Tak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan masker N95, mengingat harganya yang mahal, karena itu disarankan mengenakan masker 2 lapis.

AFP
Tak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan masker N95, mengingat harganya yang mahal, karena itu disarankan mengenakan masker 2 lapis. 

TRIBUNKALTIM.CO - Munculnya varian baru virus corona yang sangat mudah menular di Amerika Serikat, membuat para ahli kesehatan masyarakat mendesak masyarakat untuk meningkatkan penggunaan masker, yang selama ini telah menjadi pelindung utama selama pandemi.

Beberapa ahli bahkan menyarankan untuk mengenakan masker KN95 atau N95 jika memungkinkan.

Sementara itu, dokter Anthony Fauci, MD, mengatakan, memakai dua masker sekaligus lebih baik daripada memakai satu masker untuk menangkal virus corona.

Tujuan memakai masker adalah untuk mencegah droplet atau tetesan dan virus mencapai mulut dan hidung seseorang, sehingga dengan masker sebagai penghalang, maka secara alami akan meningkatkan perlindungan diri.

“Jika Anda memakai masker dengan satu lapisan, kemudian Anda menambah satu lapisan masker lagi, ini adalah tindakan yang masuk akal dan mungkin akan lebih efektif,” kata Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases.

Apalagi tak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan masker N95, mengingat harganya yang mahal, dan bahkan CDC lebih merekomendasikannya untuk petugas kesehatan.

Tetapi para ahli kesehatan menekankan, memakai dua masker sekaligus adalah sesuatu yang lebih mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

“Memakai dua masker akan menambahkan filtrasi ekstra, selain itu juga bermanfaat untuk memastikan Anda menutupi celah di sekitar masker, karena tidak setiap masker yang Anda kenakan akan sama pas,” kata Alice Sato, MD, seorang ahli epidemiologi di Children's Hospital & Medical Center di Omaha, NE.

Cara terbaik memakai dua masker

Melansir WebMD, penelitian yang diterbitkan di cell.com merekomendasikan masyarakat memakai masker bedah berkualitas tinggi atau masker kain setidaknya yang memiliki dua lapisan dengan kualitas kerapatan benang yang tinggi, sebagai perlindungan dasar.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved