Budaya

5 Masjid dengan Arsitektur Tionghoa di Indonesia

Bangunan dengan arsitektur Tionghoa biasa dijumpai sebagai klenteng atau tempat peribadatan umat Konghucu. Namun, ternyata ada pula bangunan bergaya T

Istimewa
Bangunan dengan arsitektur Tionghoa biasa dijumpai sebagai klenteng atau tempat peribadatan umat Konghucu. Namun, ternyata ada pula bangunan bergaya Tionghoa yang berfungsi sebagai masjid. 

TRIBUNKALTIM.CO – Bangunan dengan arsitektur Tionghoa biasa dijumpai sebagai klenteng atau tempat peribadatan umat Konghucu.

Namun, ternyata ada pula bangunan bergaya Tionghoa yang berfungsi sebagai masjid. Hal itu tentu saja unik dan berbeda dari arsitektur masjid pada umumnya.

Berikut ini adalah 5 masjid dengan arsitektur Tionghoa di Indonesia:

1. Masjid Lautze, Jakarta

Berlokasi di Jalan Lautze nomor 87-89, Pasar Baru, masjid Tionghoa di Jakarta Pusat ini dikelola Yayasan Haji Karim Oei.

Dari luarnya saja, sudah terlihat nuansa khas budaya Tionghoa dengan dominasi warna merah dan kuning. Anda pun bisa menemukan kaligrafi berbahasa Arab yang terpampang.

2. Masjid Lautze 2, Bandung

Ornamen khas Tionghoa tampak di interior dan eksterior masjid ini. Masjid Lautze 2 tercatat sebagai yang tertua di kota Bandung.

Lokasinya berada di Jalan Tamblong nomor 27, Braga dan masih berada di bawah naungan Yayasan Haji Karim Oei. Meski tidak terlalu besar, masjid bersejarah ini menjadi bagian penting dalam kehidupan umat Islam di sekitarnya.

3. Masjid Tan Kok Liong, Bogor

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved