Makan Cokelat Membuat Otak Jadi Lebih Cerdas? Ini Faktanya

Makan cokelat juga terbukti bisa membantu meningkatkan kecerdasan. Bagaimana bisa? Simak penjelasannya di sini.

HelloSehat
Cokelat 

Makan Cokelat Membuat Otak Jadi Lebih Cerdas? Ini Faktanya

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI -  Telah banyak diketahui bahwa mengonsumsi cokelat dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, menjaga tekanan darah, menurunkan risiko stroke, bahkan meningkatkan perlindungan kulit terhadap sinar matahari, hingga memberikan rasa bahagia.

Ternyata manfaat cokelat tidak berhenti sampai di situ saja, lho. Makan cokelat juga terbukti bisa membantu meningkatkan kecerdasan. Bagaimana bisa? Simak penjelasannya di sini.

Cokelat bisa meningkatkan kinerja otak
Dalam sebuah penelitian yang berlangsung selama lebih dari 30 tahun di Amerika Serikat, para ahli melibatkan sekitar seribu orang peserta yang akan diamati.

Perkembangan kemampuan kognitif seribu orang peserta penelitian tersebut terus dipantau.

Baca juga: Sering Makan Makanan Pedas Bikin Cepat Pikun? Ini Faktanya

Baca juga: Untuk Memperkuat Daya Ingat, Coba Konsumsi Madu Secara Rutin

Para peneliti menggunakan sebuah tes untuk mengukur kinerja otak para peserta yang mengonsumsi cokelat secara rutin.

Tes tersebut meliputi penilaian terhadap ingatan verbal, ingatan visual dan spasial, pengorganisasian, penalaran abstrak, scanning dan tracking, termasuk tes daya ingat secara umum.

Penelitian tersebut menemukan bahwa peserta yang makan cokelat sebanyak sekali setiap pekan atau lebih dari sekali dalam sepekan, memiliki nilai tes yang lebih tinggi dibandingkan dengan partisipan yang makan cokelat kurang dari satu kali dalam sepekan.

Penelitian lain juga menemukan bahwa konsumsi cokelat secara rutin dapat memperbaiki fungsi kognitif pada pasien dengan gangguan kognitif ringan (mild cognitive impairment), yang seringnya merupakan kondisi yang dapat berkembang menjadi demensia atau pikun.

Jadi benarkah makan cokelat bisa bikin pintar?
Para peneliti mengakui bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami dengan pasti bagaimana cokelat dapat meningkatkan kemampuan otak.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved