3 Tips Penuhi Nutrisi Si Kecil di Masa Pandemi

Menjaga asupan nutrisi sangat penting dalam masa pertumbuhan sang buah hati, maka dari itu beragam hal Bunda lakukan

HelloSehat
Mengkreasikan menu makanan bisa menjadi cara bagi Bunda untuk si Kecil yang kerap terlalu pemilih dalam hal makanan, terutama saat menyantap lauk yang berprotein tinggi, sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna. 

3 Tips Penuhi Nutrisi Si Kecil di Masa Pandemi

TRIBUNNEWS.COM – Menjaga asupan nutrisi sangat penting dalam masa pertumbuhan sang buah hati, maka dari itu beragam hal Bunda lakukan, mulai dari membuat berbagai kreasi masakan bagi si Kecil yang pemilih dalam hal makanan, hingga susu anak pun disajikan demi memastikan nutrisi anak bisa terpenuhi.

Head of Medical Marketing KALBE Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur mengungkapkan bahwa nutrisi adalah salah satu faktor yang mendukung daya tahan tubuh anak, terlebih dalam menghadapi pandemi dimana saat ini muncul juga new strain Covid-19 yang dikabarkan lebih cepat menular kepada si kecil.

Baca juga: Bukan hanya Untuk Rekreasi, Mengajarkan Anak Berenang Mungkin Bisa Menyelamatkan Hidupnya

Baca juga: Benarkah Kecerdasan Anak Diturunkan dari Ibu? 

Menurut dr. Muliaman, jika asupan gizi anak tak terpenuhi bisa berakibat pada daya tahan tubuhnya. Maka dari itu agar asupan gizi anak terpenuhi dan dapat membantu memperkuat ketahanan tubuh si Kecil, berikut 3 tips yang bisa Bunda lakukan.

 

Penuhi Asupan Sayuran Hijau, Makanan Tinggi Protein, dan Buah-buahan Berwarna

Protein menjadi nutrisi penting yang harus dipenuhi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. dr. Muliaman mengungkapkan, jika anak kekurangan protein, antibodi immunoglobulin yang dihasilkan sel darah putih dalam melawan infeksi virus dan bakteri akan terganggu.

Ilustrasi makanan kaya protein.
Ilustrasi makanan kaya protein. (Shutterstock)

Untuk sumber makanan yang kaya protein, dr. Muliaman menyarankan untuk memilih protein hewani yang berasal dari ikan, telur, susu dan daging serta protein nabati meliputi kacang kedelai serta produk olahannya yaitu tahu dan tempe.

Agar asupan nutrisi anak terpenuhi, Bunda wajib memberikan makanan seimbang seperti nutrisi makro seperti protein, sayuran hijau, dan buah-buahan berwarna dalam menu makanan si Kecil.

Selain itu sayuran hijau juga penting. Menurut “Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi Covid-19” yang dikeluarkan Kemenkes RI, sayuran hijau menjadi salah satu asupan nutrisi yang penting dan disarankan untuk banyak dikonsumsi karena kaya vitamin, mineral, dan sumber asupan kaya serat, serta karoten yang baik untuk antioksidan sehingga memperkuat sistem imun tubuh sang buah hati. Bunda pun bisa memilih sayuran seperti bayam, sawi hijau, buncis, dan lainnya.

Buah-buahan yang merupakan sumber makanan yang kaya akan berbagai jenis vitamin serta antioksidan juga harus ada dalam menu makanan si Kecil karena sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh anak.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved