Virus Corona

4 Skenario Asal Mula Virus Corona di Wuhan Menurut WHO

Setahun sudah pandemi Covid-19 yang muncul di China, mewabah di seluruh dunia. Tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) akhirnya mengungkap

Editor: Geafry Necolsen
AFP
Setahun sudah pandemi Covid-19 yang muncul di China, mewabah di seluruh dunia. Tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) akhirnya mengungkap 4 skenario. 

TRIBUNKALTIM.CO - Setahun sudah pandemi Covid-19 yang muncul di China, mewabah di seluruh dunia. Setelah menyelesaikan misi penyelidikan asal mula virus corona, tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) akhirnya memberi penjelasan terkait hal ini.

Dilansir dari Reuters, Kamis (11/2/2021), tim ahli yang ditunjuk oleh WHO telah menyelesaikan 28 hari misi penyelidikan asal mula virus corona di China, dan telah memperoleh sejumlah petunjuk.

Pakar penyakit hewan terkemuka WHO, Peter Ben Embarek mengatakan bahwa ada empat skenario utama tentang bagaimana virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19 ini menyebar ke manusia.

Baca juga: 27 Persen Warga Indonesia Ragu Vaksin Covid-19

Baca juga: Virus Mirip SARS-CoV-2 Penyebab Covid-19 Sudah Ditemukan Sejak Tahun 2010

1. Kontak langsung dengan kelelawar

Dari hasil penyelidikan, tim mengatakan skenario pertama asal mula virus corona, yakni satu orang terpapar SARS-CoV-2 melalui kontak langsung dengan spesies inang.

Spesies inang ini adalah kelelawar tapal kuda, yang mana virus bisa saja beredar pada manusia untuk sementara waktu, sebelum mewabah di antara padatnya penduduk Wuhan.

2. Menular dari spesies perantara

Skenario kedua asal mula virus corona yang dianggap paling mungkin terjadi, yakni melibatkan penularan Covid-19 ke manusia melalui spesies perantara yang belum diketahui.

Liang Wannian, seorang ahli di Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan trenggiling adalah kandidat potensial yang menjadi perantara penularan virus corona.

Bahkan, kemungkinan termasuk cerpelai dan kucing, mungkin juga bisa menjadi reservoir.

Baca juga: Jokowi Klaim Indonesia Sukses Kendalikan Covid-19, Begini Faktanya

Baca juga: Vaksin Oxford AstraZeneca Gagal Cegah Infeksi Covid-19

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved