Curah Hujan Bisa Bersihkan Abu Vulkanik Gunung Raung, Penerbangan Kemungkinan Kembali Normal

Ternyata tidak hanya curah hujan yang akan membantu membersihkan abu vulkanik dari Gunung Raung tersebut, tapi juga kondisi pergerakan angin akan ikut

Pexel
Ilustrasi. Ternyata tidak hanya curah hujan yang akan membantu membersihkan abu vulkanik dari Gunung Raung tersebut, tapi juga kondisi pergerakan angin akan ikut berpengaruh. 

TRIBUNKALTIM.CO - Meskipun sempat mengkhawatirkan akan mengganggu aktivitas penerbangan, abu vulkanik Gunung Raung diprediksi akan bersih akibat hujan dan pergerakan angin.

Hal ini disampaikan oleh Tim Analisis Kebencanaan Lingkungan dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (PSTA- Lapan) dalam keterangan resminya.

" Curah hujan yang diprediksi terjadi di daerah Gunung Raung hingga ke timur sekitar Banyuwangi akan mampu membersihkan abu vulkanik dari atmosfer," tulis Tim Analisis Kebencanaan Lingkungan Lapan.

Perlu diketahui, Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi ( PVMBG), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) pada 21 Januari 2021 telah menaikkan tingkat aktivitas Gunung Raung, Jawa Timur dari Level 1 (Normal) ke Level II (Waspada).

Baca juga: 7 Pantangan Saat Naik Gunung, Jangan Meremehkan Medan

Baca juga: Kota Ini dan Penduduknya Lenyap Seketika Akibat Letusan Gunung Berapi

Dalam pemantauan visual saat itu, dilaporkan gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut.

Embusan gas dari kawah puncak teramati dua kali yaitu pada tanggal 1 dan 20 Januari 2021, berwarna putih dengan intensitas sedang tinggi sekitar 100-200 meter dari puncak.

Ternyata, semburan gas dari kawah tersebut berlanjut pada semburan abu vulkanik yang dirasakan oleh aktivitas penerbangan di Bandara Banyuwangi, Minggu (7/2/2021). 

Di mana Airnav Indonesia, saat itu menerbitkan notice to airmen (notam) per pukul 08.50 sampai 14.50 WIB, sehingga Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) KC Bandara Banyuwangi Cin Asmoro menyampaikan ada tiga pesawat komersial batal beroperasi.

Di antaranya adalah Garuda Indonesia dan Batik Air rute Banyuwangi (BWX) tujuan Jakarta (CGK), juga Citilink dari Denpasar menuju Banyuwangi, yang lanjut ke Surabaya harus ditutup sementara karena khawatir terdampak abu vulkanik.

Baca juga: Daftar Negara yang Punya Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Baca juga: 5 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat di Indonesia, Ada yang Setara 10 Ribu Bom Atom

Pantauan prediksi curah hujan dan angin

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved