Virus Corona

Cara Merawat Pasien Covid-19 yang Harus Isolasi Mandiri di Rumah

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan pedoman khusus dan beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat Anda merawat pasien Covid-19 yang harus isola

Editor: Geafry Necolsen
Istimewa
Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan pedoman khusus dan beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat Anda merawat pasien Covid-19 yang harus isolasi mandiri di rumah. 

TRIBUNKALTIM.CO - Jika Anda telah melakukan tes swab PCR dan hasilnya positif, tetapi Anda tidak merasakan gejala apa pun atau hanya merasakan gejala-gejala bersifat ringan, biasanya Anda akan disarankan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman).

Terkait isolasi mandiri, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan pedoman khusus dan beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat Anda merawat pasien Covid-19 yang harus isolasi mandiri di rumah.

1. Lokasi pasien saat isolasi mandiri

Umumnya, isolasi mandiri bisa dilakukan di tempat khusus yang disiapkan oleh pemerintah setempat, seperti rumah sakit khusus Covid-19, ataupun wisma atlet, hotel, dan lain sebagainya.

Namun, saat ini isolasi mandiri juga disarankan dilakukan di rumah masing-masing, jika rumah tersebut memungkinkan untuk melakukan isolasi mandiri.

Baca juga: Daftar Makanan yang Harus Dikonsumsi Pasien Covid-19

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Covid-19, Flu, dan Alergi

Hal ini dikarenakan pasien Covid-19 harus ditempatkan di ruang sendiri dengan ventilasi yang baik saat isolasi mandiri.

Pasien Covid-19 harus tidur beda kamar atau berbeda tempat tidur minimal jarak 1 meter.

Pasien juga diupayakan menggunakan kamar mandi dan toilet terpisah, bila memungkinkan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengingatkan, jika di dalam satu rumah ada dua orang yang ternyata terinfeksi Covid-19, jangan membiarkan mereka diisolasi dalam satu ruangan yang sama, meskipun dua orang tersebut adalah pasangan suami istri.

"Isoman (isolasi mandiri) enggak bisa sekamar, apalagi kalau sempit, ini harus ke (tempat) isolasi terpusat ya," kata Nadia kepada Kompas.com, Sabtu (30/1/2021).

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Penangkal Virus untuk Kurangi Infeksi di Rumah Sakit

Baca juga: Dari Mana Covid Berasal? Penyelidik WHO Temukan Petunjuk Baru

Dengan demikian, meski anggota keluarga satu rumah, setiap individu yang terinfeksi Covid-19 harus dipisahkan sendiri-sendiri saat menjalankan isolasi mandiri.

Ilustrasi Covid-19DOK. PIXABAY Ilustrasi Covid-19

2. Cara perawatan pasien

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved