Tahukah Kamu? Risiko Kecelakaan Pesawat Lebih Tinggi Saat Lepas Landas

Momen lepas landas dan mendarat adalah ketika pesawat dalam jarak yang dekat dengan tanah

Tribun Kaltim/GEAFRY NECOLSEN
Bagi beberapa orang proses lepas landas (take off) dan mendarat (landing) adalah momen penerbangan yang mendebarkan. 

Tahukah Kamu? Risiko Kecelakaan Pesawat Lebih Tinggi Saat Lepas Landas

TRIBUNKALTIM.CO - Bagi beberapa orang proses lepas landas (take off) dan mendarat (landing) adalah momen penerbangan yang mendebarkan.

"Momen lepas landas dan mendarat adalah ketika pesawat dalam jarak yang dekat dengan tanah," jelas John Cox, konsultan keselamatan penerbangan, dikutip dari USA Today.

"Selain itu, proses ini ketika kecepatan lebih lambat, lebih banyak manuver yang terjadi, dan ada lebih banyak pesawat di ruang udara," lanjutnya.

tribunnews
Ilustrasi pesawat (unsplash.com/@chuklanov)

Yiannis Papelis, Ph.D., lulusan Teknik Elektro dan Komputer di University of Iowa juga menjelaskan bahwa lepas landas lebih berbahaya ketimbang pendaratan.

"Lebih banyak hal yang bisa salah selama lepas landas daripada saat mendarat, dan lebih sedikit pilihan jika terjadi kesalahan saat lepas landas dibanding saat pendaratan.

Perlu diingat bahwa mungkin lebih banyak kecelakaan yang berhubungan dengan pendaratan (seperti melewati landasan pacu, pendaratan dibatalkan, dan sebagainya), tetapi tingkat keparahannya terbatas.

Jika terjadi kesalahan mekanis saat lepas landas, yang terburuk adalah kehilangan kontrol (sebagian atau penuh), juga tingkat keparahan akan jauh lebih tinggi," terangnya seperti dikutip dari situs Quora.

Ia menambahkan, saat lepas landas, tak hanya kondisi pesawat yang terisi penuh dengan bahan bakar, mesin juga berada pada kekuatan penuh.

Kehilangan kontrol terhadap pesawat memberikan pilihan yang sangat sedikit bagi pilot.

Sementara bila dibandingkan dengan proses mendarat, jauh lebih rendah risikonya.

Sebagian besar pesawat dapat mengosongkan jalan saat pendaratan, dan sebagai pilot punya waktu untuk merencanakan sesuatu jika ada yang salah.

Pilot juga memiliki lebih banyak kontrol dalam meningkatkan laju penurunan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved