Soviet Pernah Menukar Puluhan Kapal Perang dengan Pepsi, Bagaimana Ceritanya?

Kisah bagaimana Pepsi dijual secara luas di Rusia dimulai pada 1959, ketika Wakil Presiden Richard Nixon datang mengunjungi Uni Soviet 

istimewa
Kisah bagaimana Pepsi dijual secara luas di Rusia dimulai pada 1959, ketika Wakil Presiden Richard Nixon datang mengunjungi Uni Soviet  

TRIBUNTRAVEL.COM - Raksasa minuman ringan Amerika Pepsi telah lama hadir di Rusia sejak awal 1970-an ketika Rusia masih menjadi bagian dari Uni Soviet.

Pepsi adalah produk kapitalistik pertama yang masuk ke pasar komunis.

Pada saat itu persaingan antara kedua negara sedang tinggi, jadi bagaimana sebuah perusahaan minuman ringan Amerika berhasil masuk untuk membangun pasar utama di Rusia?

Kisah bagaimana Pepsi dijual secara luas di Rusia dimulai pada 1959, ketika Wakil Presiden Richard Nixon datang mengunjungi Uni Soviet untuk sebuah pameran di Taman Sokolniki, Moskow, dan bertemu dengan pemimpin Soviet Nikita Khrushchev.

Pameran Nasional Amerika diselenggarakan untuk mempromosikan seni, mode, mobil, dan kapitalisme Amerika.

Di antara banyak hal lainnya, pameran tersebut menampilkan seluruh model rumah Amerika yang dipenuhi dengan kenyamanan modern dan perangkat rekreasi seperti mesin cuci, penyedot debu, dan televisi berwarna.

Baca juga: Fakta Unik Pepsi, Pernah Menyebabkan Kerusuhan di Filipina

Baca juga: Fakta Bencana Nuklir Chernobyl, Nyawa Ditukar Sebotol Pepsi

Di sanalah, berdiri di dalam dapur Amerika, kedua pemimpin itu berdebat sengit tentang manfaat dan kerugian komunisme dan kapitalisme.

“Anda berencana untuk melampaui kami, khususnya dalam produksi barang konsumsi. Jika kompetisi ini adalah untuk melakukan yang terbaik bagi rakyat kami dan untuk orang-orang di mana pun, harus ada pertukaran gagasan yang bebas, ”kata Nixon kepada Khrushchev.

Kemudian, Nixon memimpin Khrushchev ke sebuah bilik yang membagikan Pepsi dan memberi Khrushchev segelas minuman bersoda itu.

 

Gerai Pepsi memiliki dua versi minuman yang berbeda — satu dibuat dengan air Amerika dan satu lagi dibuat dengan air Rusia.

Khrushchev menyatakan bahwa yang dibuat dengan air Rusia jelas lebih unggul dan "cukup menyegarkan".

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved