Otomotif

Aki Mobil Soak di Jalan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Aki mobil soak merupakan kondisi dimana aki alias accu tak mampu lagi memberikan suplay daya listrik terhadap komponen mobil yang lainnya.

Shutterstock
Aki mobil soak merupakan kondisi dimana aki alias accu tak mampu lagi memberikan suplay daya listrik terhadap komponen mobil yang lainnya. 

Dan sama seperti komponen mobil yang lainnya, aki juga memiliki usia pakai.

Aki umumnya sanggup bertahan hingga 2 tahun, namun masa pakai tersebut bisa lebih panjang jika perawatannya benar.

Sebaliknya, usia aki akan bisa lebih pendek apabila perlakuan terhadap komponen ini juga sembarangan.

Ketika kondisi aki mobil yang soak maka juga akan membuat mesin mobil tak bisa dihidupkan. Kalau kejadian ini ketika mobil tengah diparkir di garasi rumah tentu bukan menjadi problem yang besar.

Pemeriksaan komponen mobil
Pemeriksaan komponen mobil (Morguefile)

Tapi bagaimana jika aki soak mobil ketika diparkir di kantor, pusat perbelanjaan, atau mungkin di pinggir jalan? Tentunya bikin pusing kepala bukan?

Kali ini kita akan membahas apa saja tanda aki mobil soak, apa penyebabnya, serta bagaimana solusi mengatasi 

Tanda Aki Mobil Soak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebelum aki mobil benar-benar tak lagi berfungsi, ada beberapa tanda pada sejumlah komponen mobil.

Tanda-tanda ini berhubungan dengan komponen yang dialiri listik. Berikut 3 tanda aki soak yang diperlihatkan oleh komponen mobil yang lainnya.

1. Ada Indikator Battery di Panel Instrument

Tanda pertama jika ada masalah apda kai mobil Anda dalah munculnya indikator battery pada panel instrumet. Tanda ini berupa logo kotak dengan simbol positif (+) dan negatif (-) yang baisanay berwarna merah atau kuning.

2. Mesin Sulit Distarter

Tanda paling sering dialami apabila daya aki mobil menurun adalah mesin yang sulit distarter. Misalnya ketika pagi hari sebelum berpergian mesin harus sampai 2 kali distarter baru hidup, kemudian keesokan harinya juga mengalami gejala yang sama, maka itu adalh pertanda aki soak.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved