Fakta Menarik

Punya Otoritas Khusus, Melanggar Instruksi Pramugari, Penumpang Pesawat Bisa Dihukum Pidana

Pramugari dilatih khusus untuk menangani hampir setiap kemungkinan keadaan darurat di dalam pesawat, dan memegang otoritas khusus saat berada di udara

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Pramugari dilatih khusus untuk menangani hampir setiap kemungkinan keadaan darurat di dalam pesawat, dan memegang otoritas khusus saat berada di udara. 

TRIBUNKALTIM.CO - Bagi penumpang, pramugari tampak seperti pelayan yang siap menyajikan makanan dan minuman, tapi kenyataannya tidak demikian.

Pramugari dilatih khusus untuk menangani hampir setiap kemungkinan keadaan darurat di dalam pesawat, dan memegang otoritas khusus saat berada di udara.

Padahal menurut sejumlah undang-undang penerbangan di seluruh dunia, saat pesawat mengudara, pramugari memiliki tanggung jawab untuk melakukan penegakan hukum jika diperlukan.

Ini berarti jika ada penumpang yang menolak mengikuti perintah yang berkaitan dengan keselamatan semua orang di dalam pesawat, maka mereka dapat menghadapi konsekuensi besar.

Seorang pramugari mengungkapkan betapa sederhananya pelanggaran ini.

tribunnews
Ilustrasi pramugari sedang memberi safety instructions kepada penumpang. (Flickr/ Bernal Saborio)

Melalui forum Reddit yang dilansir dari laman Express.co.uk, Sabtu (31/10/2020), pramugari sebuah maskapai penerbangan berkata, "Anda bisa dan mungkin akan ditangkap karena tidak mematuhi instruksi kru."

"Ya, tanda sabuk pengaman menyala dan kami memiliki PA yang menunjukkan turbulensi," sambungnya.

"Jika saat ini tidak terjadi turbulensi itu berarti anda bisa bangun dan menggunakan toilet, anda sudah dewasa dan bisa menahan buang air kecil selama lima menit," lanjutnya.

Penumpang yang tidak mematuhi perintah pramugari dapat berakibat buruk, itulah mengapa mengikuti perintah itu sangat penting.

"Ya, saya telah melihat penumpang mengalami retak tulang belakang karena tidak mematuhi instruksi kami untuk tetap duduk sebelum turbulensi berhenti," imbuh mereka.

Dalam kebanyakan kasus, pramugari dilatih untuk meredakan situasi daripada mengancam.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved