Flora dan Fauna

Kolibri Burung Terkecil di Dunia, Bernyali Besar Berani Menyerang Gagak dan Elang

Nyali kolibri ternyata gak sekecil badannya. Mereka gak takut untuk menyerang gagak dan bahkan elang yang ukurannya jauh lebih besar!

istimewa
Nyali kolibri ternyata gak sekecil badannya. Mereka gak takut untuk menyerang gagak dan bahkan elang yang ukurannya jauh lebih besar! 

Kolibri Burung Terkecil di Dunia, Bernyali Besar Berani Menyerang Gagak dan Elang

TRIBUNKALTIM.CO - Burung kolibri adalah burung yang menyandang status burung terkecil di dunia.

Tapi di balik badannya yang kecil, burung ini menyimpan sejumlah fakta mengagumkan. Penasaran? Yuk langsung kita lihat apa saja sih keunikan burung mungil ini.

5 Fakta Burung Kolibri, Burung Terkecil yang Nyalinya Gak Kecil!hbw.com

Sebuah spesies kolibri yaitu kolibri lebah (Mellisuga helenae) tercatat sebagai burung terkecil di dunia. Seberapa kecil memangnya? Panjang kolibri lebah dewasa hanya mencapai 5,7 cm dari paruh hingga ekor. Yap, panjang burung ini kira-kira sama dengan jari kelingking tanganmu!

Karena sangat kecil, maka berat burung ini pun juga sangat ringan, yaitu hanya sekitar 1,6 gram. Itu 5 kali lebih ringan daripada berat uang logam Rp. 1.000 lho! Para ilmuwan percaya bahwa itulah bobot paling ringan yang mungkin dimiliki seekor hewan dewasa berdarah panas.

2. Punya kepakan sayap tercepat di dunia

5 Fakta Burung Kolibri, Burung Terkecil yang Nyalinya Gak Kecil!unsplash/Bill Williams

Ukuran terkecil bukan satu-satunya rekor dunia yang dimiliki oleh kolibri. Mereka juga tercatat sebagai burung dengan kepakan sayap tercepat di dunia. Seberapa cepat? Saat musim kawin, kolibri berleher rubi (Archilochus colubris) bisa mengepakkan sayapnya dengan kecepatan 200 kepakan per detik!

Bahkan dalam kondisi normal pun, kepakan sayap kolibri sudah sangat luar biasa, yaitu 90 kepakan per detik. Itulah kenapa dalam bahasa inggris mereka disebut hummingbird, karena kepakan sayap mereka yang super cepat membuatnya mengeluarkan suara "hummm", mirip seperti suara nyamuk.

3. Burung yang serba cepat

5 Fakta Burung Kolibri, Burung Terkecil yang Nyalinya Gak Kecil!unsplash/James Wainscoat

Gak cuma kepakan sayap, burung kolibri memang tampaknya diciptakan sebagai burung yang segala sesuatunya berlangsung sangat cepat. Misalnya soal detak jantung. Jantung kolibri berdetak dengan rata-rata kecepatan 1.200 detak per menit. Sebagai perbandingan, detak jantung rata-rata manusia hanya 60-100 detak per menit.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved