Fakta Menarik

21 Tahun di Bumi, Meteorit dari Mars akan Dipulangkan ke Planet Asalnya

Sepotong kecil meteroit Mars akan dikembalikan NASA ke planet asalnya melalui Perseverance Rover. Penjelajah diproyeksikan mendarat di Mars pada 18 Fe

istimewa
Sepotong kecil meteroit Mars akan dikembalikan NASA ke planet asalnya melalui Perseverance Rover. Penjelajah diproyeksikan mendarat di Mars pada 18 Februari 2021. 

21 Tahun di Bumi, Meteorit dari Mars akan Dipulangkan ke Planet Asalnya

TRIBUNKALTIM.CO - Sepotong kecil meteroit Mars akan dikembalikan NASA ke planet asalnya melalui Perseverance Rover. Penjelajah diproyeksikan mendarat di Mars pada 18 Februari 2021.

Penjelajah Scanning Habitable Environments with Raman & Luminescence for Organics & Chemicals (SHERLOC) akan meluncur ke Mars dengan mambawa meteroit Mars yang selama 21 tahun ini disimpan di Natural History Museum, London, Inggris.

"Batu kecil ini punya kisah hidup yang cukup," ujar Caroline Smith, kepala koleksi ilmu-ilmu Bumi di Natural History Museum dan anggota tim sains yang bekerja pada peluncuran itu, mengatakan kepada BBC.

 

Caroline menjelaskan, meteroit itu terbentuk sekitar 450 juta tahun yang lalu.

Batu itu diledakkan dari Mars oleh asteroid atau komet sekitar 600.000-700.000 tahun yang lalu dan kemudian mendarat di Bumi.

tribunnews
Meteroit Mars (Dok. NASA)

"Kami tidak tahu persis kapan, tetapi mungkin 1.000 tahun yang lalu. Dan sekarang akan kembali ke Mars," lanjut Caroline.

Melansir dari Travel+Leisure, batu itu ditemukan di padang pasir Oman pada 1999 dan sejak itu telah banyak dipelajari untuk mengetahui lebih lanjut tentang permukaan Mars.

Perseverance Rover juga akan menggunakan meteroit tersebut untuk mengkalibrasi ulang dirinya sendiri saat menjelajahi Mars.

Saat melintasi Mars, alat SHERLOC akan menyelidiki permukaan planet ini dan mencari petunjuk jika kehidupan pernah ada di sana.

Jika SHERLOC menemukan sesuatu, alat itu akan memindai meteroit menggunakan data sebagai tolok ukur.

Dari situ kemudian akan dilakukan kalibrasi ulang dan menjelaskan tentang sesuatu yang ditemukan tersebut.

Pengembalian meteroit Mars ini merupakan bagian dari misi NASA Mars 2020 yang akan mencari tahu tanda-tanda kehidupan di Mars dengan mengumpulkan sampel batuan dan tanah.

Penjelajah NASA dijadwalkan lepas landas dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida, Amerika Serikat.

Sementara itu, penjelajah diproyeksikan mendarat di Mars pada 18 Februari 2021.

Traveler yang penasaran dengan misi NASA yang satu ini bisa menyaksikan peluncuran melalui online dengan melakukan klik pada link ini.

Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved