Dirgantara

Drone Intai Buatan Indonesia Ini Bisa Terbang 24 Jam 

Drone yang memiliki tipe Medium Altitude Long Endurance (MALE) dan diberi nama Elang Hitam itu memiliki banyak kemampuan.

Tribun Kaltim
Drone Intai, Drone yang memiliki tipe Medium Altitude Long Endurance (MALE) dan diberi nama Elang Hitam itu memiliki banyak kemampuan. 

Drone Intai Buatan Indonesia Ini Bisa Terbang 24 Jam 

REIBUNKALTIM.CO, WIKI - Perkembangan teknologi drone makin canggih dengan kemampuan makin cerdas dan daya jelajah makin jauh.

Karena tak perlu dimuati manusia, maka ilmuwan bisa lebih maksimal mengeksplorasi segala teknologi penerbangan yang tersedia.

Bahkan Amerika Serikat sudah sering memakai drone canggih sebagai pesawat pengintai sekaligus penyerang yang sulit dideteksi radar, dan bisa dikendalikan dari jarak ribuan mil.

Indonesia tak mau ketinggalan dan punya drone yang juga cukup canggih.

Baca juga: Mengenal Pesawat N250 Gatot Kaca dan R80 Rancangan Putra Terbaik Bangsa

Baca juga: Pesawat N250 Gatotkaca Kebanggaan BJ Habibie Dimuseumkan

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 81 milliar untuk pengembangan Pesawat Udara Nur Awak (PUNA) atau drone pada 2020.

Nantinya drone yang memiliki tipe Medium Altitude Long Endurance (MALE) dan diberi nama Elang Hitam itu memiliki banyak kemampuan, salah satunya melacak illegal fishing.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan bahwa Puna Male ini dapat terbang tanpa henti selama 24 jam dengan ketinggian jelajah hingga 23.000 kaki dan memiliki pengendalian multiple UAV secara bersamaan atau simultan.

Baca Juga: Seorang Fotografer Mencari Anak Hilang Dengan Sensor Panas Drone

"Dengan kecanggihan drone ini kami berharap bisa membantu permasalahan kita seperti melacak atau melakukan pemetaan terhadap suatu daerah, melacak penyelundupan," ujarnya di Bandung, Senin (30/12/2019).

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved