Flora dan Fauna

Dilacak Tag Satelit, Burung Ini Terbang 11 Hari Tanpa Henti Sejauh 12.000 Km

peneliti menggunakan tag satelit berukuran 5 gram yang ditempatkan di punggung bawah untuk memungkinkan peneliti melacak perjalanan epik burung.

Flikr
Seekor burung Bar-tailed godwit berhasil memecahkan rekor dunia setelah terbang selama 11 hari tanpa henti. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Seekor burung Bar-tailed godwit berhasil memecahkan rekor dunia setelah terbang selama 11 hari tanpa henti.

Burung tersebut terbang lebih dari 12 ribu kilometer.

Penerbangan pertama dimulai dari Alaska menuju Selandia Baru.

Mengutip Gizmodo, burung Bar-tailed godwit terlacak mengawali perjalanannya dari barat daya Alaska pada 16 September dan tiba di teluk dekat Auckland 11 hari kemudian.

Peneliti dari Global Flyway Network, sebuah kelompok konservasi yang mempelajari burung pantai yang bermigrasi jarak jauh, dengan cara menempatkan penanda.

Penanda berupa cincin berwarna tersebut di pasang pada kaki.

Selain itu juga, peneliti menggunakan tag satelit berukuran 5 gram yang ditempatkan di punggung bawah untuk memungkinkan peneliti melacak perjalanan epik burung.

Menurut peneliti, burung Bar-tailed godwit meninggalkan Alaska setelah dua bulan menetap di wilayah tersebut untuk mencari makan.

Setelah itu dengan kecepatan 55mph, burung ini pun mulai bermigrasi.

Burung bisa saja mencapai Selandia Baru lebih cepat, namun angin kencang mendorongnya ke Australia, membuat waktu penerbangannya lebih lama.

"Burung Bar-tailed godwit punya bahan bakar energi yang sangat efisien. Anatominya dirancang seperti jet tempur, sayap yang panjang dan runcing, serta tubuh yang sangat ramping memberikan bentuk aerodinamis," kata Jesse Conklin, dari Global Flyway Network.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: TribunWow.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved