Fenomena

Danau Unik Berwarna Merah Muda, Aman Atau Tidak?

Makhluk-makhluk kecil tersebut menghasilkan pigmen karotenoid, yakni sejenis beta-karoten yang juga ditemukan dalam wortel.

Picsay
Danau Hilier 

Danau Unik Berwarna Merah Muda, Aman Atau Tidak?

TRIBUNKALTIM.CO - Dinamai Lake Hillier, danau ini pertama kali ditemukan oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris pada 1802, dan berlokasi di Middle Island, yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Recherche, di pesisir selatan negara bagian Australia  Barat.

Asal muasal warna merah muda pada peraian Lake Hillier masih belum diketahui pasti. Namun, sebagian besar ilmuwan meyakini fenomena unik itu mungkin ada hubungannya dengan kehadiran spesies spesifik mikroalga, Dunaliella Salina.

Mikroorganisme pelahap garam secara fotosintesis ini mampu mentoleransi konsentrasi garam yang sangat tinggi, mulai dari 0,2 persen hingga sebanyak 35 persen.

Makhluk-makhluk kecil tersebut menghasilkan pigmen karotenoid, yakni sejenis beta-karoten yang juga ditemukan dalam wortel.

Akibatnya warna ini, danau ini mirip danau yang berisi susu kocok stroberi.

"Beberapa ilmuwan meyakini pigmen tersebut sebagai pemicu munculnya warna susu kocok stroberi pada air danau," kata Que Ying Morrison, pemandu dalam agenda tur wisata pasca-penyelenggaraan konvensi Australia Tourism Exchange 2019 di Perth.

Selain itu, kemunculan warna susu kocok stroberi tersebut turut dipengaruhi oleh adanya bakteri halofilik dan archaea di kerak garam danau. Mikroorganisme non-alga ini juga menghasilkan pigmen karotenoid yang serupa di dalam membran selnya, di mana berkontribusi memunculkan kepekatan warna merah danau pada air danau terkait.

Proyek Extreme Microbiome, bagian dari Asosiasi Fasilitas Sumberdaya Biomolekuler (ABRF) milik pemerintah Australia, pernah dilakukan di danau unik ini.

Para peneliti menggunakan analisis metagenomik di seluruh perairan Lake Hiller untuk menemukan Dunaliella serta Salinibacter Ruber, Dechloromonas Aromatica, dan beberapa spesies archaea lainnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved