Internasional

Mengenal Green Card, Kartu Sakti Agar Bisa Tinggal Permanen di AS

Tentu untuk bisa mendapatkan Green Card ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu serta dedikasi yang tinggi.

istimewa
Tentu untuk bisa mendapatkan Green Card ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu serta dedikasi yang tinggi. 

Mengenal Green Card, Kartu Sakti Agar Bisa Tinggal Permanen di AS

RIBUNTRAVEL.COM - Sebagian dari traveler mungkin pernah mendengar Green Card?

Tapi tak banyak juga dari traveler yang belum tahu apa itu Green Card.

Green Card USA atau United States Permanent Residence adalah sebuah status keimigrasian yang mengijinkan penerimanya untuk dapat tinggal secara permanen atau selamanya di Amerika Serikat.

Tentu untuk bisa mendapatkan Green Card ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu serta dedikasi yang tinggi.

Baca juga: Alami Kecelakaan Perahu Saat Liburan, Ibu Muda Ini Tewas Setelah Selamatkan Putrinya

Meski traveler bisa tinggal dan menetap di Amerika Serikat, tapi masih berstatus Warga Negara Indonesia.

Jadi misalnya berstatus Permanent Resident di Amerika Serikat, tetapi traveler tetap Warga Negara Indonesia.

Lantas bagaimana cara mendapatkan Green Card ini?

tribunnews
Patung Liberty di Amerika Serikat (Unsplash.com/@bicadmedia)

Dirangkum TribunTravel dari beberapa sumber, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi traveler untuk bisa mendapatkan Green Card.

Syarat-syarat Green Card

Untuk mendapatkan Green Card bisa melalui beberapa cara termasuk pernikahan dan pekerjaan.

Orang yang mencari Green Card melalui pekerjaan dapat mengajukan permohonan dari negara asal setelah diberi nomor visa imigran, yang diatur berdasarkan syarat berikut:

  • Syarat Pertama: Orang dengan kemampuan khusus, akademisi, profesor, dan peneliti terkemuka, dan eksekutif internasional  yang memenuhi syarat untuk Residensi Permanent, Bukti dapat berkisar dari Penghargaan atau Hadiah Nobel Perdamaian dan Penghargaan Atletik untuk Asosiasi Profesional dan Publikasi.
  • Syarat Kedua: Profesional dengan gelar atau pekerja tingkat tinggi dengan bakat luar biasa. Ini juga mencakup warga negara asing yang tertarik dengan merubah status warga negara.
  • Syarat Ketiga: Pekerja terampil dan profesional memenuhi syarat untuk Green Card EB-3. Pekerja diminta untuk memiliki setidaknya dua tahun pengalaman dan profesional biasanya memerlukan gelar dari universitas terakreditasi.
  • Syarat Keempat: Individu dalam keadaan khusus seperti Penerjemah, Anggota Angkatan Bersenjata, pegawai NATO-6, pekerja agama tertentu, dan Karyawan organisasi global.
  • Syarat Kelima: Investor asing yang bersedia menginvestasikan ratusan hingga jutaan dolar AS dalam usaha yang menciptakan setidaknya sepuluh lapangan kerja baru untuk warga AS, atau penduduk tetap sah lainnya berhak mendapatkan Green Card.

Cara Mendapatkan Green Card

Untuk mendapatkan Green Card ini bisa dilakukan dengan empat cara yang berhubungan dengan pekerjaan dasar, termasuk:

  1. Green Card melalui tawaran pekerjaan, di mana seseorang dapat mengajukan kartu hijau setelah menerima tawaran resmi untuk bekerja di Amerika Serikat.
  2. Green Card melalui investasi, di mana pemohon menetapkan usaha bisnis yang menciptakan lapangan kerja baru di AS. Warga Negara Asing yang mengambil rute ini biasanya masuk dalam kategori Fifth Preference EB-5.
  3. Green Card melalui permohonan sendiri, di mana pemohon terhormat dengan kemampuan luar biasa, atau individu tertentu yang diberi Pembebasan Minat Nasional, dapat mengajukan kartu hijau untuk mereka sendiri.
  4. Kartu Green Kategori Khusus, kategori ini mencakup pekerja dalam kategori imigran khusus yang telah mapan, seperti lembaga penyiaran, pegawai internasional, dan pekerja agama tertentu, contohnya.

Editor: Geafry Necolsen

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved