Virus Corona

Tes Swab di Balikpapan Rp 900 Ribu, Walikota Rizal Effendi Pertimbangkan Subsidi

Harga maksimal tersebut dinilai sejumlah masyarakat masih terlalu tinggi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

Tribun Kaltim
Rp 900 untuk tes swab dinilai sejumlah masyarakat masih terlalu tinggi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. 

Tes Swab di Balikpapan Rp 900 Ribu, Walikota Rizal Effendi Pertimbangkan Subsidi

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Sejumlah laboratorium di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur telah menerapkan tarif harga PCR atau swab test sebesar Rp 900 ribu.

Disampaikan oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi selaku Ketua Satgas covid-19 mengatakan, pihaknya menyambut baik keputusan pemerintah pusat.

Namun begitu, harga maksimal tersebut dinilai sejumlah masyarakat masih terlalu tinggi untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

"Pasti ada hitungan yang sudah dibuat sampai keluar angka segitu. Tapi saya tahu yang jelas belum semua mampu bayar dengan angka segitu,” ujarnya.

Sementara itu, menanggapi berbagai usulan terkait subsidi biaya sebab dari pemerintah kota, Rizal mengaku masih harus mempertimbangkannya.

Sebab anggaran untuk penanggulangan covid-19 sudah disahkan di APBD Perubahan 2020. Ini diketok sebelum pemerintah menurunkan biaya swab.

Sehingga, saat itu belum ada pembahasan terkait rencana pemberian subsidi biaya swab bagi masyarakat, karena harganya masih tinggi.

“Memang ada daerah lain saya dengar yang memberikan subsidi terhadap biaya swab mandiri menjadi Rp200 ribu," sebutnya.

"Tapi Kalau kita belum ada rencana mensubsidi tes swab bagi masyarakat. Kita lihat dulu kemampuan anggarannya,” tuturnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Server
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved