Lingkungan

Minyak Jelantah Bisa Ditukar dengan Emas atau dengan Rupiah

Biasanya, setelah memakai minyak goreng yang sudah menghitam, dibuang begitu saja. Padahal limbah rumah tangga ini bisa jadi barang berguna.

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Minyak jelantah atau minyak bekas. 

Minyak Jelantah Bisa Ditukar dengan Emas atau dengan Rupiah

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN - Banyak orang tidak mengira jika Minyak Jelantah atau minyak goreng bekas pakai masak ternyata masih memiliki nilai tinggi.

Biasanya, setelah memakai minyak goreng yang sudah menghitam, dibuang begitu saja. Padahal limbah rumah tangga ini bisa jadi barang berguna. Bahkan bisa ditukar dengan emas.

Minyak jelantah yang ditukarkan masyarakat ke bank sampah kemudian ditimbang dan dikonversikan ke rupiah.

Cara ini telah diterapkan di dua kota di Indonesia melalui Pilot Project di Area Operasi kedua BUMN yaitu di Kota Tarakan Kalimantan Utara dan Yogyakarta.

PT Pertamina (Persero) dan PT Pegadaian (Persero) berkolaborasi dalam program pengelolaan sampah.

Bank Sampah Pertamina yang mengubah minyak jelantah menjadi biodiesel dikombinasikan dengan Bank Sampah Pegadaian yang mengusung program Memilah Sampah Menabung Emas.

Inovasi ini diharapkan bisa menanggulangi permasalahan sampah dan lingkungan, sekaligus juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendapatkan nilai keekonomian lebih tinggi.

Corporate Secretary Pertamina, Tajudin Noor, mengatakan kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dengan PT Pegadaian dalam hal pengelolaan Bank Sampah merupakan sinergi antar BUMN yang mengedepankan aspek inklusif dan kolaboratif untuk membangun kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah.

“Diharapkan ke depan selain lebih peduli terhadap lingkungan, masyarakat juga semakin sadar bahwa sampah juga memiliki nilai ekonomi, sekaligus kami ingin mengedukasi masyarakat untuk bisa lebih ramah lingkungan dengan mengelola sampah," kata Tajudin Noor, dikutip dari laman Pertamina, Jumat (2/10/2020).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved