Sains

Mengapa Lobster Berubah Warna Jika Dimasak? Ternyata Ini Jawabannya

Tahu kah Anda, saat lobster masih hidup, tubuhnya berwarna biru kehijauan, namun, makanan kaya vitamin ini bakal berubah warna jadi merah ketika dimas

istimewa
Pada 2002 para ahli menemukan bahwa protein crustacyanin dapat mengubah astaxanthin dan menahannya agar tidak mengeluarkan pigmen warna kemerahan. 

Mengapa Lobster Berubah Warna Jika Dimasak? Ternyata Ini Jawabannya

TRIBUNKALTIM.CO - Tahu kah Anda, saat lobster masih hidup, tubuhnya berwarna biru kehijauan, namun, makanan kaya vitamin ini bakal berubah warna jadi merah ketika dimasak.

Apa yang sebenarnya memengaruhi transformasi warna lobster ini?  

Setelah upaya percobaan cukup lama, ahli menemukan bahwa perubahan warna lobster berkaitan dengan dua molekul, yakni protein crustacyanin dan karotenoid (pigmen yang bertanggung jawab atas warna merah, kuning, dan oranye) yang disebut astaxanthin.

 Mengapa Orang Cina Suka Kuliner Ekstreme? Ternyata Ada Sejarahnya

 Kuliner Ekstrem dari Pasar Wuhan Diduga Menjadi Sumber Virus Corona

Lobster tidak bisa membuat astaxanthin secara alami, jadi mereka mendapatkan pigmen pemicu warna kemerahan dari makanan mereka.

"Ini mirip Flamingo yang makan udang dengan beta-karoten untuk membuat tubuhnya berwarna merah muda. Ketika lobster makan makanan yang mengandung astaxanthin, itu akan diserap ke dalam tubuh," ungkap Anita Kim, asisten ilmuwan dari New England Aquarium di Boston kepada Live Science.

Namun, proses yang dijelaskan Kim bukan hal sederhana.

 Umur Berapa Anak Bisa Diajak Traveling?

 Benarkah Bayi Tak Akan Ingat ketika Diajak Traveling?

Pasalnya, astaxanthin mengandung pigmen merah, tapi lobster hidup berwarna biru kehijauan. Barulah pada 2002 para ahli menemukan bahwa protein crustacyanin dapat mengubah astaxanthin dan menahannya agar tidak mengeluarkan pigmen warna kemerahan.

"Saat astaxanthin "bebas", warnanya merah. Namun saat masih "terikat" dengan crustacyanin warnanya biru," imbuh Michele Cianci, ahli biokimia dari Marche Polytechnic University di Italia.

Saat lobster dimasak dengan suhu tinggi, crustacyanin akan melepaskan astaxanthin sehingga memungkinkan pigmen warna crustacyanin terlepas dan memunculkan warna aslinya.

"Selain itu, ketika lobster dipanaskan maka molekul crustacyanin akan kehilangan bentuk. Perubahan bentuk protein inilah yang memberi efek nyata pada warna lobster," ungkap Cianci.

Meski para ahli mengetahui perubahan warna pada lobster ketika dimasak, ahli belum tahu bagaimana crustacyanin dan astaxanthin bekerja sama memantulkan warna kebiruan.

"Kami masih menyelidiki kenapa saat lobster hidup berwarna biru," tutup Cianci.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved