Otomotif

Mengapa Letak Tutup Tangki BBM pada Mobil Berbeda-beda? Ada yang di Kiri dan di K

Tak ada aturan pasti perihal lokasi tutup tangki BBM, beberapa mobil ada yang menempatkan di sebelah kiri, namun ada juga yang menaruh di sebelah kana

Editor: Geafry Necolsen
Kompas
Tak ada aturan pasti perihal lokasi tutup tangki BBM, beberapa mobil ada yang menempatkan di sebelah kiri, namun ada juga yang menaruh di sebelah kanan. 

Mengapa Letak Tutup Tangki BBM pada Mobil Berbeda-beda? Ada yang di Kiri dan di Kanan

TRIBUNKALTIM.CO, WIKI - Setiap pabrikan memiliki pertimbangan sendiri dalam menentukan desain mobil.

Hal ini membuat penempatan beberapa komponen ada perbedaan, misalnya letak tangki dan posisi tutup tangki BBM.

Tak ada aturan pasti perihal lokasi tutup tangki BBM, beberapa mobil ada yang menempatkan di sebelah kiri, namun ada juga yang menaruh di sebelah kanan.

Malah mobil zaman dulu ada yang menempatkan di bagian belakang. Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor, mengatakan jika posisi tutup tangki BBM menjadi ciri khas tiap pabrikan mobil.

 Berapa Jauh Mobil Bisa Jalan ketika Indikator Bensin di Posisi E?

 Menggunakan BBM Oktan Tinggi, Tidak Selalu Baik untuk Mesin

 Perbedaan Pertamax, Pertalite, dan Premium

Salah satu pertimbangannya agar titik berat mobil menjadi seimbang secara keseluruhan, dan posisinya menyesuaikan dengan desain komponen-komponen yang ditempatkan di bagian kolong

“Biasanya tutup tangki berlawanan dengan lubang knalpot. Kalau misalnya tutup tangki di kanan, lubang knalpot pasti di sebelah kiri,” ujar Didi.

“Ada alasan safety karena knalpot panas dan sebagainya, tapi ada juga alasan desain agar penempatannya sesuai dan cocok dengan pertimbangan-pertimbangan tadi,” kata Didi.

Sementara itu, Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales Riecky Patrayudha, mengatakan meski posisi peletakan tutup tangki BBM bisa berbeda-beda, tapi secara umum letak tangki BBM biasanya berada di tengah mobil.

“Jadi meski mulut tangki berada di kanan, belum tentu tangki ada di kanan begitu juga sebaliknya. Rata-rata mobil zaman sekarang posisinya lebih ke tengah,

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved