Virus Corona

Rentan Stres, Ibu Hamil Terpapar Covid-19 Butuh Pendampingan Psikolog

Kasus bumil terpapar covid-19 ini perlu mendapat perhatian khusus. Selain penanganan kesehatan, psikologis bumil perlu jadi konsen tersendiri.

net
Ibu Hamil, Kasus bumil terpapar covid-19 ini perlu mendapat perhatian khusus. Selain penanganan kesehatan, psikologis bumil perlu jadi konsen tersendiri. 

Rentan Stres, Ibu Hamil Terpapar Covid-19 Butuh Pendampingan Psikolog

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Kasus Ibu Hamil (Bumil) terpapar Virus Corona ( covid-19 ) di Kota Balikpapan jumlahnya terus meningkat.

Kasus bumil terpapar covid-19 ini perlu mendapat perhatian khusus. Selain penanganan kesehatan, psikologis bumil perlu jadi konsen tersendiri.

Pasalnya ibu hamil yang positif terpapar covid-19 ternyata sangat berpengaruh terhadap psikisnya.

“Ternyata ibu hamil yang kena covid-19 ini sangat pengaruh terhadap psikisnya. Emosional, baik terhadap keluarga dan ibunya,” kata Ketut.

Untuk itu, ia menyarankan kepada Pemerintah Kota agar para ibu hamil yang positif tersebut didampingi oleh psikolog.

“Mungkin perlu kita masukan psikolog untuk menangani hal ini. Supaya semua bisa tertangani, bukan hanya ibu hamilnya, tapi suami dan keluarganya juga,” ujarnya.

Diketahui, hingga saat ini sudah ada 45 ibu hamil yang terpapar. Itu menyusul adanya tambahan dua kasus pada Jumat kemarin.

Dari jumlah tersebut, terbanyak ditangani oleh RSKD Balikpapan. Hingga hari ini, rumah sakit rujukan itu masih menangani 12 bumil positif covid-19.

“Awalnya ibu hamil yang positif ini hanya satu hingga dua orang. Namun sejak Agustus kasusnya mulai banyak, ada 15 dan September ada 24 orang,” ungkapnya.

Untuk penanganannya, lanjut Ketut, pada kasus-kasus awal memang masih gamang.

Pasalnya belum diberlakukan kebijakan wajib rapid test sebelum melahirkan. Akibatnya rumah sakit jadi kebingungan.

“Tapi dari DKK kita berkordinasi dengan baik. Lalu di akhir Agustus ada kebijakan rapid test gratis dan ini sangat membantu sekali," ujar Ketut.

"Karena begitu rapid test reaktif langsung dilakukan swab. Jika positif langsung dikoordinasikan dengan Poli Covid untuk diobati dengan antivirus,” ucapnya.  (TribunKaltim.co/Miftah Aulia)

Editor: Geafry Necolsen

Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved