Virus Corona

Kenakan Masker Bedah, Menjaga Jarak & Cuci Tangan Terbukti Efektif Turunkan Risiko Infeksi Covid-19

masyarakat harus yakin bahwa penerapan protokol kesehatan yang dilakukan akan bisa mencegah penularan covid-19. Asalkan, dilakukan secara konsisten da

istimewa
Masyarakat harus yakin bahwa penerapan protokol kesehatan yang dilakukan akan bisa mencegah penularan covid-19. Asalkan, dilakukan secara konsisten dan kolektif. 

Mengenakan Masker Bedah, Menjaga Jarak dan Cuci Tangan Terbukti Efektif Turunkan Risiko Tertular Corona

TRIBUNKALTIM.CO - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan kunci utama dalam memutus rantai penyebaran covid-19 adalah penerapan protokol kesehatan 3M, diantaranya yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Kepatuhan terhadap protokol kesehatan dapat lebih efektif mencegah penularan jika dilakukan secara kolektif, jadi tidak bisa sendiri," kata Wiku dalam Konferensi pers virtual di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Berdasarkan jurnal penelitian internasional mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan risiko penularan covid-19 sebesar 35 persen.

"Yang paling utama menjaga jarak minimal 1 meter dapat menurunkan resiko penularan sampai dengan 85%," kata Wiku.

 

Menurut Wiku masyarakat harus yakin bahwa penerapan protokol kesehatan yang dilakukan akan bisa mencegah penularan covid-19. Asalkan, dilakukan secara konsisten dan kolektif.

"Dan seluruhnya dilakukan dengan sungguh-sungguh," katanya.

Oleh karenanya menurut Wiku, apabila diri sendiri sudah merasa patuh terhadap protokol kesehatan, maka jangan lupa untuk mengingatkan orang lain agar mengikuti sikap yang sama. Sehingga tercipta gerakan kolektif.

"Jadi tidak bisa sendiri. Maka dari itu dibutuhkan kerja sama dari seluruh masyarakat dengan saling mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya.

*Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan Virus Corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

Editor: Geafry Necolsen

Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved