Faktanya

Dalam Boarding Pass, Tersimpan Data Pribadi yang Bisa Disalahgunakan, Jangan Diposting ke Medsos

boarding pass alias tiket untuk masuk ke pesawat adalah dokumen penting yang sebaiknya tidak Anda unggah untuk alasan keamanan.

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Boarding pass 

Dalam Boarding Pass, Tersimpan Data Pribadi yang Bisa Disalahgunakan, Jangan Diposting ke Medsos

TRIBUNKALTIM.CO, TRAVEL - Seiring tren traveling dan penggunaan media sosial makin marak, kita semakin sering melihat foto sebuah boarding pass diunggah ke media sosial (medsos)

Apakah Anda juga pernah memotret boarding pass dan mengunggahnya di Instagram, Facebook, atau Twitter?

 Jangan Tinggalkan di Pesawat, Ini Pentingnya Merobek Boarding Pass

 Jangan Buang Label Bagasi, Ini Alasannya

Padahal, boarding pass alias tiket untuk masuk ke pesawat adalah dokumen penting yang sebaiknya tidak Anda unggah untuk alasan keamanan.

Ahli keamanan mengungkap kepada Business Insider UK tentang bahaya memotret boarding pass dan mengunggahnya ke internet.

 Gunakan Aplikasi Indonesia Airport untuk Chek In dan Boarding Pass di Bandara

 Sering Belanja Online, Waspada Pencurian Data Pribadi, Ini Cara Mencegahnya

Label Bagasi
Label Bagasi (Shutterstock)

"Di boarding pass ada barcode dua dimensi dan kode QR yang dapat menyimpan banyak informasi. Kode itu dicetak pada boarding pass dan memungkinkan seseorang untuk menemukan lebih banyak data tentang Anda, termasuk rencana perjalanan yang akan Anda lakukan serta perjalanan Anda sebelumnya.”

Hal ini tentu akan berbahaya bila ada seseorang yang selama ini diam-diam memanfaatkan media sosial untuk mengakses data-data penting tentang Anda atau kehidupan Anda.

 Agar Koper Tak Hilang di Bandara, Kenali 7 Alasan Penyebabnya

 8 Langkah jika Kehilangan Barang Berharga saat Traveling

Seseorang yang mencari tahu informasi tentang Anda itu bisa mendapatkan informasi mengenai nomor telepon, catatan perjalanan lengkap dengan tanggal, hingga informasi penting lain yang berhubungan dengan pemesanan tiket Anda.

Hal ini tentu tak bisa dianggap sepele. Meski Anda tak merasa memiliki “penguntit” ataupun musuh, bisa saja data itu digunakan oleh orang tak bertanggung jawab, bukan?

Ingat, internet adalah area yang sangat luas dengan teknik hacking yang semakin canggih seiring berjalannya waktu. Pada era ini, melindungi privasi dan data diri adalah hal yang harus selalu Anda perhatikan.

Sumber: Tribun Kaltim

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved