Terbuat dari Bahan Khusus, Uang 75 Ribu Baru Sulit Dipalsukan

Demi memperingati kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia Bank Indonesia telah menerbitkan uang kertas pecahan Rp 75 ribu baru.

Editor: Geafry Necolsen
Bank Indonesia
Bank Indonesia bersama Kementerian Keuangan akan merilis uang rupiah khusus dalam rangka peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia. 

Terbuat dari Bahan Khusus, Uang 75 Ribu Baru Sulit Dipalsukan

TRIBUNKALTIM.CO - Terungkap uang Rp 75 ribu baru rupanya sulit dipalsukan, ini penjelasan Bank Indonesia dan cara penukarannya.

Demi memperingati kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia Bank Indonesia telah menerbitkan uang kertas pecahan Rp 75 ribu baru.

Peresmian pengeluaran uang logam rupiah khusus atau commemorative coin tersebut bakal dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini, Senin (17/8/2020).

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan uang kertas Rp 75 ribu baru ini, bisa disimak di dalam artikel.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, uang baru edisi khusus Rp 75 ribu, rupanya sulit dipalsukan.

Ia mengatakan, unsur pengamanan uang baru ini memakai teknologi terbaru, sehingga lebih tahan lama.

"Inovasi ini ditujukan agar uang rupiah semakin mudah dikenali keasliannya, nyaman, dan aman digunakan," ujarnya saat konferensi pers virtual, Senin (17/8/2020).

Menurutnya, dengan adanya teknologi anyar itu, maka uang pecahan baru edisi hari kemerdekaan tersebut lebih sulit dipalsukan

"Inovasi uang rupiah terus dilakukan secara terencana untuk memastikan rupiah tetap menjadi kebanggaan kita bersama sebagai simbol kedaulatan NKRI," jelas Perry.

Pengeluaran dan pengedaran uang peringatan kemerdekaan ini merupakan bagian dari rencana pencetakan uang tahun anggaran 2020.

"Sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dengan mendasarkan pada ketentuan dan tata kelola sesuai Undang-undang Mata Uang," jelasnya.

Sumber: Tribun Kaltim

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved