Sains

Mengapa Bom Nuklir Menyebabkan Terbentuknya Awan Jamur?

Perhatikanlah foto-foto hasil ledakan yang ditimbulkan oleh bom atom yang dijatuhkan baik di Hiroshima maupun Nagasaki. Selalu tercipta awan yang me

Editor: Geafry Necolsen
istimewa
Perhatikanlah foto-foto hasil ledakan yang ditimbulkan oleh bom atom yang dijatuhkan baik di Hiroshima maupun Nagasaki. Selalu tercipta awan yang membubung ke langit, berbentuk jamur raksasa di angkasa. Awan ini disebut pyrocumulus. 

Mengapa Bom Nuklir Menyebabkan Terbentuknya Awan Jamur?

TRIBUNKALTIM.CO - Perhatikanlah foto-foto hasil ledakan yang ditimbulkan oleh bom atom yang dijatuhkan baik di Hiroshima maupun Nagasaki.

Selalu tercipta awan yang membubung ke langit, berbentuk jamur raksasa di angkasa. Awan ini disebut pyrocumulus.

Bagaimana awan ini bisa terbentuk?

Baca Juga: 

Bagaimana Amonium Nitrat Memicu Ledakan di Lebanon? Berikut Penjelasannya

Analisa Eks Intelijen Inggris Mengenai Penyebab Ledakan di Beirut

Ledakan Dahsyat di Kota Beirut Lebanon, Diduga Akibat Ribuan Ton Bahan Peledak

Ledakan bom atom menghasilkan gas panas yang terbakar dan membentuk bola. Sembari membubung ke atas, bola ini juga berakselerasi ke segala arah.

Karena bola gas yang berakselerasi ini lebih panas dan lebih tak padat dibandingkan dengan udara di sekelilingnya, maka terbentuklah dengan apa yang kita lihat sebagai bagian atas dari awan jamur, atau tudung jamur.

Bagian tengah memiliki suhu lebih panas dan akan naik lebih cepat, meninggalkan sisi pinggir luar yang lebih dingin dan lambat.

Baca Juga: 

Ancaman Adik Perempuan Kim Jong Un Tak Main-Main, Kantor Penghubung dengan Korea Selatan Diledakan

Usai Peledakan Kantor Penghubung, Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara Memanas

Saat naik ke angkasa, bola tersebut meninggalkan udara yang telah memanas, menciptakan efek yang terlihat seperti cerobong. Peristiwa ini menarik semua asap dan gas yang ada di sekitarnya sehingga membentuk apa yang kita lihat sebagai batang dari awan jamur raksasa tersebut.

Semua proses ini disebut instabilitas Rayleigh-Taylor yang secara umum menggambarkan percampuran antara dua jenis zat dengan kepadatan yang berbeda.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved