Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Timur Menurun, Akibat Tekanan Pandemi Covid-19

Penurunan pertumbuhan ekonomi Kaltim disebabkan adanya tekanan dari hampir seluruh komponennya yang tidak lepas dari dampak pandemi covid-19.

Kontan
Menurut ekonom Indonesia masih belum memasuki resesi 

Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Timur Menurun, Akibat Tekanan Pandemi Covid-19

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami kontraksi, sejalan dengan pelemahan ekonomi global.

Pertumbuhan ekonomi Kaltim pada triwulan-II 2020 mengalami kontraksi sebesar 5,46% (year on year/yoy) setelah pada triwulan sebelumnya tumbuh sebesar 1,27 persen (yoy).

Demikian dibeberkan oleh Kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Tutuk SH Cahyono kepada TribunKaltim.co pada Kamis (6/8/2020).

 

Namun demikian, penurunan yang lebih dalam tertahan oleh kinerja investasi yang masih tumbuh sebesar 0,20% (yoy).

Kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kaltim Tutuk SH Cahyono menyebut berdasarkan lapangan usaha (LU), penurunan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur triwulan-II 2020 bersumber pada penurunan kinerja LU utama Kaltim, khususnya pertambangan.

Penurunan kinerja pertambangan tersebut disebabkan oleh melemahnya permintaan batu bara oleh negara tujuan ekspor.

"Akibat adanya lockdown di negara tujuan utama dan over supply batu bara di tengah wabah virus Corona ini," ujarnya dalam siaran resminya, Kamis (6/8/2020).

 

Di sisi lain, kinerja LU Perdagangan, LU Transportasi, serta LU Akomodasi Makan dan Minum (Akmamin) yang turut mengalami penurunan yang sejalan dengan melemahnya daya beli masyarakat di tengah adanya kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat di wilayah Kalimantan Timur.

Penurunan pertumbuhan ekonomi Kaltim pada triwulan-II 2020 yang lebih dalam tertahan oleh kinerja investasi serta kinerja LU konstruksi.

tribunnews
ILUSTRASI - Penggarapan proyek properti perumahan di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur mengalami lesu, sulit melakukan penjualan sejak pandemi Corona. (TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO)
Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Geafry Necolsen
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved